0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Usulan Novel Romantis Terbaik Beserta Kiat Memilihnya, Semoga Tidak Kecewa!

Belum bisa ke luar rumah tetapi telah resah mau melakukan apa? Membaca beberapa novel romantis terbaik yang akan kita bahas kali ini mungkin mampu dijadikan selaku salah satu solusi dalam mengisi waktu luang.

Novel romantis memang sepertinya menjadi genre buku yang paling lazim dan banyak dicari oleh orang.

Bahkan, beberapa di antara novel romantis yang mungkin pernah kamu temui di toko buku, ada yang sudah dijadikan sebagai film layar lebar, karena penggemarnya yang begitu banyak.

Sebab, selain kamu bisa menikmati cerita percintaan antar tokoh, kamu pun secara serempak juga mampu mendapatkan ide dari novel tersebut. Tak cuma itu, sejumlah kutipan pun juga sering diambil sebagai materi motivasi.

(Baca Juga: 10 Penulis Terkenal di Indonesia)

Nah, maka dari itu, di dalam potensi kali ini kita akan membicarakan tentang tips menentukan dan usulan novel terbaik yang bisa kamu jadikan opsi dalam mengisi waktu luang di rumah selama pandemi. Apa sajakah itu?

Novel Romantis Sering Dicari Oleh Orang yang Sedang Jatuh Cinta

Dapat dikatakan bahwa jatuh cinta tidak pernah memandang umur. Baik itu cukup umur, bahkan orang remaja yang telah mempunyai pedoman yang masak pun, bisa saja jatuh cinta terhadap orang lain saat ia belum mendapatkan pasangan yang sempurna.

Meskipun sudah pernah merasakan jatuh cinta sebelumnya, namun ketika kau mulai kembali membuka perasaan itu terhadap orang gres, maka seakan semuanya menjadi pengalaman yang pertama.

Orang-orang yang tengah merasakan jatuh cinta, umumnya mereka akan cenderung mencari hal-hal yang bisa menawarkan inspirasi dan motivasi, salah satunya seperti dengan membaca novel romantis terbaik.

Karena, dari sinilah orang bisa lebih mengenal wacana perasaan cinta itu sendiri begitu juga dengan cara menghadapinya. Selain itu, tak semua novel romantis juga menceritakan ihwal kebahagiaan. Namun, ada pula yang justru menceritakan perihal usaha serta pengorbanan.

Tips Memilih Novel Romantis Terbaik

Sebenarnya bukan cuma perihal novel romantis terbaik saja, mencari novel-novel genre yang lain yang hendak dibaca memang seakan seperti membeli kucing dalam karung.

Selain berdasarkan sinopsis yang terdapat di bagian belakang sampul buku, secara keseluruhan kamu tidak tahu perihal cerita apa yang dikisahkan oleh sang penulis, sebelum benar-benar membacanya.

Oleh alasannya itu, biar tidak salah beli dan merasa kecewa, berikut beberapa tips memilih novel romantis terbaik yang mungkin perlu kau amati.

Pilih Berdasarkan Genre

Perlu diketahui bahwa novel romantis terbaik ternyata juga memiliki genre yang berbeda-beda, seperti teenlit, chicklit, metropop, sampai lazim.

Sehingga, pertama yang perlu kamu amati ialah, genre novel seperti apa yang kau sukai.

  • Teenlit, cocok untuk sampaumur

Teenlit itu sendiri berasal dari kata ‘teen‘ yang bermakna akil balig cukup akal dan literature yang mempunyai arti sastra. Sehingga jika digabungkan, maka teenlit ialah suatu karya sastra yang diperuntukan bagi akil balig cukup akal.

Sesuai dengan namanya, novel romantis terbaik yang mengusung tema teenlit menceritakan wacana suka sedih romantisme cukup umur, mulai dari usaha, persahabatan, hingga pencarian jati diri.

Selain itu, umumnya para penulis novel teenlit juga menggunakan bahasa gaul era kini yang lebih gampang diketahui.

  • Chicklit, ringan untuk dibaca

Jenis novel romantis terbaik selanjutnya ialah chicklit, yang merupakan campuran dari kata chick, berasal dari bahasa slang Amerika yang bermakna wanita muda, dan literature.

Sehingga bila dimaknai, maka chicklit itu sendiri merupakan genre novel yang menceritakan ihwal kehidupan perempuan muda di perkotaan dengan aneka macam permasalahannya.

Meskipun konflik yang ditimbulkan condong lebih kompleks bila ketimbang teenlit, namun untuk masyarakat awam masih relatif ringan untuk dibaca.

  • Metropop, kehidupan wacana masyarakat urban

Metropop merupakan jenis novel romantis terbaik yang mengangkat dongeng ihwal masyarakat urban dengan segala drama yang dialami. Biasanya, sang tokoh merupakan penduduk kelas menengah yang tinggal di kota besar dengan menggambarkan kehidupan romantismenya, gaya hidup, serta karir.

  • Umum, bisa dibaca oleh pria dan perempuan

Genre novel romantis terbaik yang terakhir yaitu umum, yang bisa dibaca baik untuk pria maupun wanita. Cerita yang diusung cenderung universal dengan penokohan yang beragam, tanpa terpatok pada usia dan jenis kelamin tertentu.

Pilih Berdasarkan Penulis

Setiap penulis tentunya mempunyai gaya penulisan yang berlainan-beda. Oleh alasannya adalah itu, bila kau bingung dalam memilih novel romantis terbaik, maka kamu bisa berbelanja buku berdasarkan sang penulis.

Nama pengarang yang telah besar dan diketahui oleh masyarakat tentu mengeluarkan buku dengan kualitas yang tidak jauh berlainan.

Misalkan, kamu sudah pernah membaca salah satu buku karya Dee Lestari dan eksklusif jatuh cinta dengan buku tersebut, maka dijamin kau juga akan suka dengan karya-karya Dee lainnya.

Membeli buku dengan pengarang yang telah kau kenal biasanya memiliki tingkat kecewa yang jauh lebih kecil daripada karya novel dari penulis yang belum pernah kamu baca.

Pilih Berdasarkan Penerbit

Novel romantis terbaik juga mampu berasal dari penerbit yang memang telah banyak menerbitkan buku-buku bestseller.

Satu hal yang perlu diketahui, bahwa penerbit ialah kurator utama yang berhak untuk memutuskan apakah sebuah novel romantis pantas untuk tayang atau tidak.

Hanya saja, parameter patut setiap penerbit tentu berlainan dari satu dan yang lain. Oleh sebab itu, kamu mampu menyaksikan mutu suatu buku dari penerbit yang memang sudah banyak mengeluarkan buku-buku bestseller.

Pilih Berdasarkan Review

Cara memilih novel romantis terbaik yang perlu kau perhatikan terakhir yakni, pilihlah berdasarkan review atau ulasan.

Pertama, cari tahu dulu sinopsis dari buku tersebut. Apabila kau belum mempunyai citra yang terperinci, barulah mencari ulasannya di internet.

Saat ini telah banyak sekali orang-orang yang menulis review buku, baik itu lewat blog pribadi mereka maupun dari situs-situs khusus review buku, seperti di Goodreads.

Jika banyak orang yang menunjukkan ulasan kurang baik, maka seharusnya pikir dua kali sebelum membeli buku tersebut.

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik

1. The Notebook – Nicholas Sparks

Rekomendasi novel romantis terbaik yang pertama ialah The Notebook yang ditulis oleh Nicholas Sparks. Jika kamu juga ialah penggemar film romansa, maka novel satu ini telah tidak asing lagi.

Sebab, penggemarnya yang banyak sukses menciptakan sang sutradara, Nick Cassavetes, kepincut untuk mengadaptasi novel ini menjadi film layar lebar yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Sedikit ringkasan, novel ini berkisah perihal seorang cowok bernama Noah Calhoun yang membaca suatu buku catatan seorang perempuan, yang pada akibatnya mengungkapkan wacana makna kesetiaan cinta sejati antar dua individu, yang diikuti dengan dinamika cinta era muda sampai usia sennja mereka.

2. Pride and Prejudice – Jane Austen

Nah, anjuran novel romantis terbaik selanjutnya adalah Pride and Prejudice yang ditulis oleh Jane Austen dan masuk ke dalam salah satu novel klasik terbaik.

Bahkan begitu naik daunnya, hingga saat ini buku Pride and Prejudice masih diterbitkan dan bisa kamu nikmati dalam bentuk edisi modern lho.

Sebagai gambaran besarnya, buku Pride and Prejudice bercerita wacana perjuangan cerita percintaan Elizabeth Bennett dan Mr. Darcy, yang pada mulanya tidak direstui alasannya adalah status sosial yang tidak setara.

3. Emma – Jane Austen

Novel romantis terbaik berikutnya masih datang dari penulis terkenal , Jane Austen, yang berjudul Emma.

Berlatar di era kala ke-19, novel satu ini bercerita perihal dilema personal sang tokoh utama, Emma Woodhouse, yang mencoba untuk bereksplorasi dengan berbagai situasi di dalam hubungan yang terjadi di dalam lingkungan desa tempat ia tinggal.

4. Gone with the Wind – Margaret Mitchell

Gone with the wind merupakan salah satu novel romantis terbaik yang bahkan pernah mengungguli The Pulitzer Prizes pada tahun 1937. Dan bahkan dikatakan selaku salah satu buku terbaik yang pernah ada.

Novel romantis terbaik satu ini bercerita ihwal seorang wanita yang keras kepala berjulukan Lady Scarlett O’Hara yang berjuang untuk mampu menerima cinta demi kebahagiaan keluarganya yang hidup dalam kemiskinan di era civil war.

5. It Ends with Us – Colleen Hoover

Pada tahun 2016, buku ini berhasil menduduki peringkat pertama sebagai novel romantis terbaik pilihan Goodread.

It Ends with Us bercerita ihwal sang tokoh utama, Lily, yang berusaha untuk melalui dinamika hubungan yang sarat dengan kekerasan.

Banyak pembaca yang beropini bahwa Hoover, selaku penulis, berhasil membuat alur dongeng yang powerful namun tidak gampang ditebak oleh pembaca.

6. Can You Keep a Secret? – Sophie Kinsella

Untuk penulis masa kini, mampu dibilang bahwa Sophie Kinsella menulis segudang buku yang berhasil menjadi bestseller bagi para penggemar dongeng komedi romantis. Nah, salah satunya ialah karyanya yang berjudul Can You Keep a Secret?

Melalui buku ini, dapat dibilang bahwa Kinsella sungguh sukses membuat gejolak perasaan terhadap pembaca.

Kamu akan dibawa dengan banyak sekali perasaan dikala membaca buku ini, mulai dari rasa berdebar, tawa, hingga ingin menangis di setiap lembarannya.

Bagaimana tidak? Melalui buku ini kamu bisa mengenali perihal belakang layar memalukan sang karakter utama, Emma, kepada orang aneh yang ternyata merupakan bos besarnya di kantor.

7. The Proposal – Jasmine Guillory

Berhasil masuk ke dalam jajaran New York Times Bestseller, The Proposal merupakan novel romantis terbaik yang bercerita wacana seorang penulis freelance bernama Nik yang dilamar oleh sang kekasih, yang mana bahkan tidak bisa menyebut namanya dengan benar.

Yang membuatnya makin jelek yakni, Nik justru mengatakan “tidak”. Namun, video pelamaran itu telah terlanjur menjadi trend di internet. Wah, jadi penasaran kelanjutannya!

8. The Hating Game – Sally Thorne

Thorne sungguh hebat, karena novel debutnya yang berjudul The Hating Games, berhasil masuk ke dalam jajaran novel romantis terbaik dan bestselling.

Novel ini bercerita wacana Lucy Hutton dan Joshua Templeman, yang kedua sama-sama bekerja sebagai executive assistant di suatu perusahaan penerbitan.

Lucy, seorang perempuan yang ceria dan unik, dan Joshua, seorang pria yang memiliki kepribadian teliti dan pendiam. Mereka berdua membenci satu sama lain.

9. Call Me by Your Name – Andre Aciman

Satu lagi buku bestseller yang disesuaikan menjadi film laku, Call Me by Your Name yang dikarang oleh Andre Aciman.

Berbeda dengan novel romantis terbaik yang biasa bercerita ihwal dongeng percintaan antar musuh jenis, laki-laki dan perempuan, novel ini justru bercerita wacana percintaan antara dua laki-laki muda.

10. The Kiss Quotient – Helen Hoang

Novel romantis terbaik yang mau kita diskusikan terakhir yaitu The Kiss Quotient karya Helen Hoang.

Meskipun ialah novel debutnya, The Kiss Quotient bahkan sukses masuk ke dalam jajaran nominasi di Goodreads Choice pada tahun 2018.

Bercerita wacana Stella Lane, seorang perempuan ahli matematika yang tidak tahu tentang menjalin hubungan.

Hingga pada kesudahannya, ia menerima tutorial dari Michael Phan, yang pada risikonya justru menciptakan Lane jatuh cinta.

Kaprikornus, itulah sejumlah nasehat novel romantis terbaik yang mampu kau jadikan pilihan sembari mengisi waktu luang di rumah. Ingin mampu membeli novel dari penulis favorite mu dengan harga lebih ekonomis?

(Baca Juga: Buku Paling Laris di Dunia)

Gunakan saja kartu kredit. Karena, dikala ini sudah banyak lho toko-toko buku yang memberikan harga Istimewa untuk pengguna kartu kredit, sehingga menciptakan belanja buku menjadi lebih murah dan ekonomis.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Segera usikan saja di CekAja.com. Dengan seluruh proses pengajuan yang dijalankan secara online, dijamin anti ribet dan lebih mengurangi waktu.

Bahkan, setiap kartu kredit yang telah disetujui bisa eksklusif dikirimkan ke alamat yang kau lampirkan pada dikala pengisian form pengajuan lho.