0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 tips Menjadi Blogger Yang Berhasil Di Zaman Kini

Cara menjadi blogger yang berhasil di zaman kini mempunyai kiat khusus. Sebab, di tengah persaingan berbagai platform media umum lain, blog mengalami penurunan jumlah pembaca. Agar tak salah langkah, simak tipsnya berikut ini!

Mengenal Sejarah Blog

Web blog atau yang disingkat dengan blog adalah aplikasi web atau mampu juga disebut selaku media umum yang membagikan sebuah konten dalam bentuk tulisan secara online pada khalayak.

Blog ialah salah satu media sosial tertua dalam sejarah dunia online, alasannya cikal bakalnya sudah ada sejak tahun 1994.

Yakni dimulai masa seorang bernama Justin Hall menulis jurnal online pribadinya di suatu situs bernama links.net.

Jurnal online pertama ini membuat Justin mendapat julukan The Founding Father of Personal Blogger dari The New York Magazine pada tahun 2004.

Kemudian pada 199, Jorn Barger juga membuat suatu web log, diikuti oleh Peter Merholz yang menimbulkan sebutan blog.

Hingga hasilnya pada 2003, Google mengakuisisi Pyra Labs yang ialah induk dari Blogger, dan lalu WordPress muncul di tahun yang serupa.

Berbagai situs dan aplikasi blog populer antara lain Blogger, WordPress, Tumblr, Typepad, Jekyll, dan lain-lain.

Di satu tahun pertama kehadiran blog (sekitar tahun 2004) hingga tahun 2010, blog menjadi salah satu media umum terfavorit banyak orang.

Berbagai konten yang dibagikan para blogger (sebutan untuk penulis konten di blog) tersedia.

Mulai dari konten personal, konten cerita lucu, konten yang berhubungan dengan fashion dan lifestyle, serta masih banyak lagi ragamnya.

Seiring dengan munculnya media sosial gres mirip Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Wattpad, dan yang lain, blog mau tak mau mengalami kompetisi popularitas. Akibatnya, jumlah peminat blog mengalami penurunan.

Ditambah lagi dengan adanya konten vlog (video blog) pada Youtube dan konten dialog pada Podcast yang berbasis audio maupun audio visual.

Maka dari itu, ketahui tips khusus perihal cara menjadi blogger yang sukses, semoga artikel di blog yang kamu miliki ‘laku’ dibaca banyak orang.

(Baca Juga: Cara Meningkatkan Followers Instagram dengan Cepat)

Cara Menjadi Blogger yang Sukses

Menulis mampu menjadi hobi semua orang. Tidak cuma menulis untuk dinikmati sendiri, kamu juga bisa membagikan karya tulisanmu ke banyak orang secara online lewat blog.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai berkarya, salah satunya dengan menjadi seorang blogger yang tangguh.

Setelah kamu mengenali seluk beluk soal sejarah dan kemajuan blog, ini saatnya untuk kau tahu cara menjadi blogger yang sukses di zaman sekarang. Agar

1. Pilih Domain yang Praktis Diingat

Domain atau nama dari alamat situs blog adalah salah satu hal yang menjadi perhatian pertama pembaca saat mengunjungi blog yang kita miliki.

Oleh sebab itu, cara menjadi blogger yang berhasil yang pertama yakni dengan menentukan domain yang mudah diingat.

Pilihlah nama yang gampang dibaca, tidak memakai ejaan yang sulit, namun tetap mempesona dan unik. Misalnya nama blog pertama Raditya Dika di kala tahun 2000-an yakni www.kambingjantan.com.

2. Pilih Topik Menarik

Setelah memilih domain, fikirkan topik menawan apa yang hendak kamu bahas dalam tulisan-tulisanmu di blog.

Agar lebih gampang memilih, simpulkan dahulu bahasan utama atau bidang apa yang menjadi ciri khas utama blogmu.

Misalnya kau ingin membicarakan konten yang berhubungan dengan fashion, lifestyle, kesehatan, konten kisah sehari-hari, kisah komedi, bahasan berita sosial dan ekonomi, pendidikan, konten panduan, kegemaran, review barang atau makanan sampai film dan buku, atau hal apapun lainnya.

Dengan mengambil bidang utama, maka kau akan lebih mudah dalam memilih topik.

Jika masih kesusahan menemukan tema, coba lah untuk lebih peka pada bahasan atau info yang saat ini sedang tren dibicarakan banyak orang, atau cari wangsit dari blogger-blogger lainnya.

3. Tingkatkan Kemampuan Menulis

Cara menjadi blogger yang sukses yang berikutnya yakni memajukan kemampuan menulis. Jangan gampang puas dengan hasil karyamu pada blog.

Perbanyaklah membaca buku atau goresan pena di blog lain, serta mencoba cara penulisan yang baru.

Beragam jenis goresan pena mampu kau baca dalam buku-buku yang berhubungan dengan karya sastra atau ilmu jurnalistik.

Kamu juga mampu mengikuti pelatihan atau pelatihan tentang penulisan postingan yang sekarang sudah banyak digelar secara online atau offline, berbayar maupun yang gratis.

4. Sisihkan Waktu untuk Brainstorming

Brainstorming atau penggalian inspirasi secara mendalam juga salah satu cara untuk memajukan kesanggupan berpikir dalam menulis di blog.

Cara menjadi blogger yang sukses ini enggak bisa kamu sepelekan. Sisihkan waktu khusus yang ditujukan untuk mencari pandangan baru baru terkait inspirasi menulis, hal-hal yang perlu ditingkatkan lain.

Misalnya cara penulisan, koreksi soal selipan foto atau video di dalam blog, dan lain sebagainya.

Jika tak ingin sendirian melaksanakan sesi brainstorming, coba ajak rekan seprofesi yang bisa diajak berdiskusi soal konten blog, atau bahkan tanyakan ke penulis hebat dikala sesi seminar atau meet and greet.

5. Disiplin Posting Konten Secara Rutin

Kedisiplinan juga menjadi kunci dalam cara menjadi blogger yang berhasil. Tetaplah konsisten pada agenda posting konten tulisan di blog.

Kamu bisa memilih frekuensi posting konten sekali dalam seminggu, atau dua hingga tiga kali dalam sepekan.

Jadwal posting ini juga bisa kamu tuliskan di bab bio profil yang gampang terlihat. Dengan begitu, pembaca akan menantikan tulisan barumu sesuai jadwal tersebut.

6. Gabung dengan Komunitas Blogger

Cara menjadi blogger yang sukses tidak hanya dilakukan olehmu sendiri. Kamu juga mesti bergabung dangan komunitas blogger lain untuk memperluas networking.

Selain itu, konten kerja sama juga memiliki peluang menarik minatpembaca lebih banyak. Kamu bisa membuat konten di blog bareng blogger lain.

Dengan mengenal blogger lain, kau akan terbantu dalam mendapatkan ide menulis, serta berita-berita terbaru lain terkait blog.

7. Pahami SEO dan Monetizing Blog

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah tata cara di mesin penelusuran Google yang memungkinkan suatu situs dianjurkan oleh pembaca, sesuai dengan keyword yang dicari.

Mempelajari SEO sungguh penting untuk para blogger, supaya kau bisa mengenali trik menaikkan traffic pembaca tanpa menetralisir kualitas atau ciri khas tulisanmu.

Jika traffic telah dirasa manis dengan jumlah pengunjung situs blog yang terbilang banyak, kamu bisa menghasilkan uang dari blog dengan mengetahui sistem monetizing blog.

Yakni dengan membuka kolaborasi berbayar dalam bentuk endorse maupun review, atau mengaktifkan Google Adsense, menawarkan slot iklan secara berdikari ke kandidat klien, dan lain sebagainya.

8. Promosi Lewat Medsos Lain

Untuk menjadi blogger yang diketahui dan kontennya diminati banyak orang, maka jangan lupakan penawaran khusus konten ke media umum lain.

Cara menjadi blogger yang berhasil ini bisa dikerjakan sesudah kamu akhir posting konten tulisan blog terbaru. Promosikan konten tersebut ke medsos lain seperti di Instagram, Facebook, atau Twitter.

Biarkan orang-orang mengetahui bahwa kau sedang aktif di blog. Sertakan juga link artikel blog modern semoga orang mudah mendatangi dan membaca konten tersebut.

(Baca Juga: Cara Monetisasi Akun Youtube untuk Mendapatkan Pundi-pundi Uang)

9. Hargai Hak Cipta

Menjadi seorang blogger yang berhasil bermakna menghargai setiap hak cipta. Tidak ada yang namanya plagiarism goresan pena, apalagi memasang foto atau video karya orang lain tanpa menyantumkan sumber.

Setiap karya mesti dihargai hak ciptanya. Jangan lupakan penyertaan kredit nama dari sumber berita atau karya yang kamu posting ulang.

10. Dekat dengan Pembaca

Cara menjadi blogger yang berhasil yang terakhir yaitu dengan mendekatkan diri pada pembaca. Setiap komentar yang ditinggalkan oleh mereka mesti kau baca atau bahkan dibalas kalau memungkinkan.

Siapa tahu, kritik dan usulan mampu memperbaiki kualitas tampilan maupun konten blog milikmu. Kedekatan yang terjalin antara penulis dan pembaca akan membuat pembaca setia membaca kontenmu.

Itulah beberapa cara menjadi blogger yang berhasil yang bisa kau kerjakan. Yang terpenting, kamu mesti semangat berkarya untuk menciptakan konten terbaik dan memiliki nilai edukasi atau hiburan.

Barulah kemudian menimbang-nimbang traffic dan jumlah pembaca di situs blog yang kamu miliki.

Butuh laptop untuk menunjang produktifitasmu dalam menulis? Beli saja dengan pembayaran menggunakan kartu kredit cicilan ringan.

Di CekAja, kau akan menerima nasehat perbandingan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kau tertarikmengajukannya, cukup isi formulir online saja.

Gampang, kan? Yuk, miliki kartu kredit untuk membantumu memadai segala keperluan cuma melalui CekAja!