0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 tips Mengelola Waktu Dengan Baik Beserta Keuntungannya. Apa Saja?

Siapa di antara kamu yang memiliki time management yang jelek? Rasanya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengurus waktu dengan baik. Terlebih, bagi kau para pekerja yang dituntut untuk selalu profesional dan menyelesaikan semua tugas sempurna waktu.

cara mengelola waktu dengan baik

Mengetahui cara mengorganisir waktu dengan baik, sejatinya akan sungguh menolong mu dalam menuntaskan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Oleh alasannya adalah itu, pada peluang kali ini CekAja.com akan mengulas cara mengorganisir waktu dengan baik, yang sudah dirangkum khusus untuk kamu. Yuk, simak gotong royong!

Cara Mengelola Waktu dengan Baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa mengenali cara mengurus waktu dengan baik itu sangat penting. Sebab, semua pekerjaan mu mampu selesai lebih cepat dan kamu akan mempunyai waktu luang yang lebih banyak.

Ini 10 cara mengorganisir waktu dengan baik

1. Membuat To Do List

Cara mengurus waktu dengan baik yang pertama adalah menciptakan to do list. Di mana, to do list sendiri sungguh penting, karena berperan sebagai pengingat jadwal mu setiap harinya.

Cara membuat to do list pun sangat gampang, kamu cuma perlu menyusun dan menuliskan apa saja aktivitas yang mesti kau lakukan esok hai, mulai dari pagi sampai terbenam matahari.

Ada baiknya, jikalau kau menyusun to do list pada malam hari sebelum kamu beraktifitas. Tidak hanya itu, kamu juga mampu menciptakan to do list untuk rentang waktu yang panjang. Seperti misalnya untuk satu minggu atau satu bulan ke depan.

Dengan begitu, kau mampu mengetahui apa saja pekerjaan yang harus kamu kerjakan setiap harinya. Sehingga semua pekerjaan dan acara mu mampu tamat tepat waktu dan berlangsung dengan tanpa kendala.

Kamu juga mampu memakai aplikasi reminder yang ada pada smartphone mu. Hal tersebut berguna untuk membantu mu mengingat kan acara apa saja yang mesti kau kerjakan hari itu.

Sebab, kalau tidak memakai aplikasi reminder, kau mampu saja lupa dengan pekerjaan yang semestinya kau lakukan, sesuai dengan to do list yang sudah kau susun sebelumnya.

2. Menentukan Skala Prioritas

Cara mengurus waktu dengan baik yang perlu kamu lakukan berikutnya yaitu dengan memilih skala prioritas. Dengan adanya skala prioritas, kamu jadi tahu mana saja pekerjaan yang harus kau tuntaskan terlebih dahulu.

Cara untuk menentukan skala prioritas sangat mudah, yaitu kau cuma perlu mengamati to do list mu untuk hari itu, lalu pastikan mana yang memiliki kepentingan lebih besar dibandingkan pekerjaan lainnya.

Jika sudah ditentukan, maka pekerjaan dengan kepentingan yang lebih besar tersebut menjadi prioritas mu hari itu untuk secepatnya teratasi.

Apabila pekerjaan prioritas tersebut telah tamat, berikutnya kamu baru boleh mengerjakan pekerjaan yang lain.

3. Membuat Estimasi Waktu Bekerja

Membuat perhitungan waktu melakukan pekerjaan menjadi salah satu cara mengorganisir waktu dengan baik yang mampu kau lakukan. Pasalnya, menentukan estimasi waktu melakukan pekerjaan dapat membuat mu disiplin dikala menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, estimasi waktu bekerja juga mampu melatih mu untuk lebih bertanggung jawab terhadap suatu pekerjaan yang kau emban.

Sebab, jikalau kau melakukan pekerjaan tanpa estimasi waktu, maka kau akan merasa kalem dan seperti tidak mempunyai tanggung jawab atas sebuah pekerjaan.

Oleh sebab itu, estimasi waktu melakukan pekerjaan sungguh penting untuk kau buat. Cara untuk membuat estimasi waktu bekerja pun sungguh gampang.

Kamu hanya perlu mengendalikan dan memilih, berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan di hari itu.

Jangan lupa, pastikan pula jeda waktu untuk kamu beristirahat. Sebaiknya, waktu untuk istirahat pun tidak terlalu lama. Sebisa mungkin durasi untuk istirahat dibentuk seperti di kantor, ialah 1 jam.

Jeda waktu tersebut juga bisa kamu gunakan untuk mengoreksi pekerjaan yang telah simpulan sebelumnya, apakah telah sesuai dengan tujuan dan arahan atau mesti diperbaiki.

Dengan begitu, pekerjaan mu akan memiliki kualitas yang cocok dengan ketentuan perusahaan.

Perlu diingat, bahwa perhitungan waktu ini juga harus kamu kerjakan dengan disiplin dan baik. Sebab, jika kau tidak disiplin dan mengabaikannya, hal tersebut hanya akan membuat pekerjaan mu jauh dari efektif.

(Baca Juga: Pinjaman Modal Untuk Franchise Kopi Janji Jiwa, Simak Baik-baik)

4. Hindari Multitasking

Cara mengurus waktu dengan baik yang keempat adalah dengan menghindari multitasking. Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa dengan multitasking, pekerjaan mu akan akhir lebih cepat.

Namun, ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Mungkin iya, pekerjaan mu akan lebih cepat tamat, tetapi belum tentu memiliki mutu yang baik.

Pasalnya, multitasking secara tidak eksklusif menuntut otak mu untuk melakukan pekerjaan lebih keras dari biasanya.

Tidak cuma itu, konsentrasi mu terhadap pekerjaan utama akan menjadi buyar dan hasil dari pekerjaan mu tidak akan maksimal.

Jika bekerja secara multitasking terus kamu lakukan untuk jangka waktu yang usang, hal tersebut justru akan memberikan dampak buruk untuk mu.

Tubuh mu akan merasa lebih singkat letih dan kamu akan lebih gampang mengalami stres. Terlebih, kesanggupan otak mu untuk menyimpan memori jangka pendek atau short term memory akan makin lemah.

Untuk itu, mampu ditarik kesimpulan bahwa multitasking tidak memperlihatkan faedah baik untuk badan atau pun pekerjaan.

Justru, multitasking cuma akan menjauhkan mu dari produktivitas dan solusi pekerjaan yang efektif.

5. Hindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Menghindari kebiasaan menunda pekerjaan menjadi cara mengelola waktu dengan baik yang kelima. Sudah banyak diketahui, bahwa dengan menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan-pekerjaan mu yang yang lain menjadi awut-awutan.

Maka dari itu, ketika sudah waktunya untuk melakukan pekerjaan , sebisa mungkin kamu secepatnya mengerjakannya.

Sebab, dengan melakukan pekerjaan sesuai dengan waktunya, kamu pun mampu lebih singkat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Dengan begitu, kau bisa memiliki lebih banyak waktu luang yang mampu kamu pergunakan untuk beristirahat.

6. Singkirkan Hal-hal yang Mengganggu Konsentrasi

Kemudian cara keenam yang perlu kau lakukan yakni menyingkirkan segala sesuatu yang dapat mengusik konsentrasi mu. Salah satu hal yang sudah ditentukan dapat mengusik fokus yaitu smartphone.

Bagaimana tidak? Pasalnya, dengan mendengar bunyi notifikasi dari ponsel pintar saja, itu sudah menciptakan pecah konsentrasi mu saat melakukan pekerjaan .

Kamu pasti akan mengambil smartphone tersebut, kemudian melihat apa isi dari notifikasi tersebut.

Dan secara tidak eksklusif, kamu akan melihat notifikasi-notifikasi lainnya yang ada di smartphone mu.

Lebih dari itu, tidak menutup kemungkinan juga kalau kamu membuka aplikasi-aplikasi media sosial yang lain.

Apabila kamu sudah membuka aplikasi media umum mirip Instagram dan Twitter, tentu hal tersebut akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Dengan begitu, pekerjaan mu pun menjadi tertunda dan tidak akhir sempurna pada waktunya.

Oleh alasannya itu, untuk menangani hal tersebut kamu perlu mensilent ponsel pintar mu. Atau mungkin, kau juga mampu menjauhkan smartphone dari jangkauan mu. Dengan melaksanakan hal semacam itu, kau dapat melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

7. Fokus pada Hal yang Sedang Dikerjakan

Cara mengelola waktu dengan baik yang ketujuh adalah konsentrasi kepada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Apabila kamu konsentrasi, sudah dipastikan pekerjaan mu mampu selesai sempurna waktu atau bahkan lebih cepat dari waktu yang kamu tentukan.

Sesuai dengan yang sudah dibahas sebelumnya, untuk bisa konsentrasi kau perlu menyingkirkan hal-hal yang memiliki potensi untuk mengusik dan memecah fokus mu dikala melakukan pekerjaan .

Jika kau memang membutuhkan terusan internet untuk browsing, sebisa mungkin kamu cuma membuka halaman yang kamu butuhkan.

Jangan hingga membuka halaman lain yang memungkin kan mu untuk berlama-usang menghabiskan waktu untuk berselancar di internet, seperti YouTube dan lain sebagainya.

8. Belajar untuk Berkata “Tidak”

Belajar untuk berkata “tidak” juga menjadi bagian dari cara mengelola waktu dengan baik yang perlu kau terapkan. Pada dikala bekerja, mungkin saja beberapa rekan mu atau bahkan anggota keluarga, meminta tolong pertolongan mu untuk melakukan sesuatu.

Apabila pekerjaan yang diminta rekan dan anggota keluarga mu dirasa tidak terlampau penting dan mampu dilaksanakan oleh orang lain, sebaiknya kamu menolak untuk menjalankan pekerjaan tersebut pada ketika itu.

Pasalnya, kau masih mempunyai pekerjaan yang perlu kau selesaikan lebih dulu. Dengan belajar berkata “tidak”, hal itu akan membuat mu dapat kembali fokus menyelesaikan pekerjaan.

Terlebih, kamu bisa lebih disiplin dalam menjaga daftar to do list mu, sehingga semua pekerjaan mu mampu final sesuai dengan tenggat waktunya.

9. Meminta Bantuan Rekan untuk Back-up Pekerjaan

Jika pekerjaan yang kamu emban dirasa melampaui kesanggupan, kau bisa meminta tolong rekan mu untuk mem-back-up pekerjaan mu lainnya.

Tentu saja, sebisa mungkin kau mengoper pekerjaan mu kepada teman yang kompeten di bidang tersebut.

Selain membuat pekerjaan mu menjadi lebih ringan, meminta pertolongan rekan kerja juga mampu melatih mu untuk berguru percaya kepada rekan kerja atau pun karyawan yang yang lain.

Sebab, mempercayakan suatu pekerjaan untuk dilaksanakan orang lain bukan lah masalah yang gampang dan mampu dilaksanakan oleh semua orang.

10. Istirahat yang Cukup

Cara mengelola waktu dengan baik yang terakhir yaitu dengan melaksanakan istirahat yang cukup. Meskipun pekerjaan mu selalu selesai tepat waktu, tetapi jikalau kamu tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, hal tersebut justru akan menciptakan rugi dirimu sendiri.

Kamu akan menjadi cepat lelah dan tidak menutup kemungkinan jika kamu juga akan jatuh sakit, bila bekerja terus menerus.

Untuk itu, kamu perlu memberi jeda untuk otak dan tubuh mu beristirahat, di setiap kau menuntaskan pekerjaan.

Waktu untuk beristirahat pun tidak perlu terlalu lama, sekitar 10-15 menit bahwasanya telah cukup untuk kau melaksanakan peregangan otot badan, atau pun sekedar berjalan-jalan mengelilingi kantor atau rumah.

Dengan begitu, otak dan tubuh mu akan segar kembali sebelum melanjutkan pekerjaan. Sehingga, kamu dapat bekerja secara maksimal dan memperlihatkan hasil yang maksimal.

Manfaat dari Mengelola Waktu dengan Baik

Jika sebelumnya kau sudah mengetahui cara mengorganisir waktu dengan baik, sekarang saatnya kamu mengetahui faedah apa saja yang kamu dapatkan dari mengurus waktu dengan baik. Untuk itu, CekAja.com akan mengulas lima faedah dari mengurus waktu dengan baik, sebagai berikut.

(Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Di Indonesia)

Memiliki Lebih Banyak Waktu Luang

Manfaat dari mengorganisir waktu dengan baik yang pertama adalah kau akan memiliki waktu luang yang lebih banyak. Pasalnya, kau akan disiplin menyelesaikan pekerjaan mu sesuai dengan waktu yang sudah di pastikan.

Lebih dari itu, pekerjaan mu pun tidak menutup kemungkinan mampu simpulan lebih cepat dari tenggat waktu. Sehingga, waktu luang yang kamu miliki pun lebih banyak dan bisa kamu pergunakan untuk istirahat.

Meningkatkan Reputasi Diri

Manfaat mengorganisir waktu dengan baik yang kedua adalah kau dapat meningkatkan reputasi diri. Sebab, ketika bekerja kau mampu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari perhitungan waktu yang telah kamu tentukan.

Atau paling tidak kamu mampu menyelesaikannya tepat waktu. Dengan begitu, kamu akan dinilai sebagai pribadi yang disiplin dan bisa melakukan tanggung jawab dengan baik. Sehingga, gambaran dan reputasi mu di perusahaan pun semakin meningkat.

Menyelesaikan Lebih Banyak Pekerjaan

Manfaat yang selanjutnya yakni kamu mampu menuntaskan lebih banyak pekerjaan. Hal itu pasti dibantu dengan to do list beserta waktu pengerjaan yang telah kamu buat sebelumnya.

Apabila agenda tersebut kamu kau kerjakan dengan disiplin, maka pekerjaan mu pun mampu tamat lebih cepat. Sehingga kau bisa menjalankan pekerjaan yang lain.

Mengurangi Kemungkinan Timbulnya Masalah

Dengan mengorganisir waktu dengan baik, kamu bisa meminimalkan kemungkinan timbulnya persoalan, terutama di lingkungan pekerjaan.

Karena, tidak jarang orang akan merasa kelimpungan dan panik alasannya dikejar -buru oleh pekerjaan yang belum akhir.

Lebih dari itu, kadang-kadang orang juga akan lalai dalam melaksanakan sesuatu, yang justru akan mengakibatkan problem yang lain.

Untuk itu, mengorganisir waktu bekerja dengan baik menjadi hal yang sungguh penting untuk kamu kerjakan.

Mengurangi Stres

Manfaat terpenting yang mampu kau rasakan dari mengorganisir waktu dengan baik ialah kau mampu meminimalisir stres. Sebab, kamu tidak akan diburu-buru oleh pekerjaan yang belum final.

Dengan kesanggupan mengelola waktu dengan baik, kamu mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan estimasi waktu yang telah diputuskan. Dan yang paling penting ialah stres mu menjadi menyusut.

Sebab, kalau kamu stres maka fikiran dan badan mu akan mendapat tekanan yang menyebabkan timbulnya penyakit.

Jika kesehatan mu telah terjangkit penyakit, maka semua aktivitas mu akan terusik, termasuk bekerja.

Untuk itu, mempertahankan kesehatan sangat penting. Hindari aktivitas-aktivitas atau pun pekerjaan yang mampu memicu timbulnya stres.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan selain mengorganisir waktu dengan baik, yaitu mengonsumsi masakan yang sehat seperti buah dan sayur.

Selain itu, ada baiknya bila kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Kamu tidak perlu cemas jikalau belum memilikinya.

Sebab, kau mampu pribadi mengajukannya dengan gampang dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!