0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 tips Menaikan Berat Badan Dengan Cepat Dan Efektif

Mengetahui perihal cara menaikan berat badan tampaknya sama pentingnya, dengan mengetahui cara menurunkan berat tubuh. Sebab, berat badan itu sendiri sebenarnya tak cuma bekerjasama dengan tampilan yang sempurna saja, melainkan juga berhubungan dengan kesehatan badan.

Cara Menaikan Berat Badan

Oleh karena itu, setiap orang diharapkan untuk mempunyai berat badan ideal guna mempertahankan kesehatan tubuh mereka. Hanya saja, layak diakui bahwa mendapatkan berat tubuh ideal tidaklah semudah yang kita kira.

Karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan wacana beberapa cara menaikan berat tubuh yang mungkin ingin kamu pahami. Apa sajakah itu? Yuk disimak tolong-menolong.

Cara Menaikan Berat Badan

Dilansir dari banyak sekali sumber, terdapat beberapa cara menaikan berat tubuh menjadi ideal yang bisa kamu lakukan, diantaranya yakni:

1. Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Cara menaikan berat badan yang pertama mampu kau lakukan ialah dengan menjadikan makan bernutrisi tinggi sebagai asupan sehari-hari. Meskipun kau mempunyai keinginan untuk gemuk, bukan memiliki arti kamu juga harus mengorbankan kesehatan, bukan? Kamu tetap harus memperbanyak konsumsi masakan sehat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

2. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Perbanyak Konsumsi Karbohidrat - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Perbanyak konsumsi karbohidrat dinilai ialah salah satu cara menaikan berat badan yang cukup efektif dengan waktu yang condong singkat. Untuk asupan sehari-hari, usahakan untuk memperbanyak konsumsi jenis-jenis masakan mirip nasi, kentang, singkong, ubi jalar, jagung, dan tepung. Meski begitu, tetaplah makan dalam porsi sewajarnya dan tidak berlebih.

3. Makan Lebih Sering

Makan Lebih Sering - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Cara menaikan berat tubuh berikutnya adalah dengan makan lebih sering tetapi tetap mempertahankan porsi kecil. Misalkan, yang biasanya kamu makan 3 kali sehari, maka cobalah untuk mengganti contoh menjadi 5 – 6 kali dalam sehari.

Makan lebih sering dalam takaran kecil dianggap jauh lebih efektif dibandingkan makan hanya 3 kali sehari dalam porsi besar sebab biasanya, orang kurus condong lebih gampang merasa kenyang.  

4. Hindari Minum Sebelum Makan

Hindari Minum Sebelum Makan - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Untuk seseorang yang ingin menurunkan berat tubuh, minum air putih sebelum makan memang direkomendasikan untuk membuat imbas lebih singkat kenyang ketika makan.

Namun, hal satu ini nyatanya tidak diusulkan untuk kamu yang ingin menaikan berat badan. Mengapa? Agar perut tidak akan merasa kenyang bahkan sebelum makan.

(Baca Juga: Menghitung Berat Badan Ideal)

Karena, jika perut telah merasa kenyang maka nafsu makan pun juga akan menyusut, sehingga mensugesti asupan nutrisi yang masuk ke dalam badan untuk menaikan berat badan. Sebaiknya, minumlah 30 menit sesudah tamat makan selaku salah satu cara menaikan berat tubuh yang mampu kau lakukan.

5. Konsumsi Camilan Sehat

Konsumsi Camilan Sehat - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Berhubungan dengan poin sebelumnya, makan lebih sering bukan mempunyai arti kamu harus makan nasi beserta lauk-pauknya lho. Karena kau juga mampu turut menyantap aneka cemilan sehat di sela acara yang tengah dilaksanakan, mirip aneka kacang, buah-buahan, dan lain-lain.

Nah, semoga lebih mudah dijangkau, kau juga mampu meletakkannya di atas meja kerja, sehingga kamu bisa mengkonsumsinya sambil bekerja.

Selain itu, alangkah baiknya jikalau kau juga menyingkir dari cemilan yang bersifat gorengan atau melibatkan minyak di dalam pembuatannya, untuk meminimalisir kadar kolesterol.

6. Penuhi Kebutuhan Lemak

Penuhi Kebutuhan Lemak - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Salah satu cara menaikan berat badan yang dinilai cukup efektif yakni dengan menyanggupi keperluan lemak, tetapi tetap dalam jumlah masuk akal dan tidak berlebih. Biasanya, sumber lemak bisa didapat dari minyak sayur, kelapa, ikan, jagung, dan masih banyak lagi.

7. Olahraga

Olahraga - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Selain untuk kesehatan, kebanyakan orang berolahraga juga dalam rangka menurunkan berat badan. Namun ternyata, olahraga itu sendiri juga menjadi salah satu cara menaikan berat badan lho.

Beberapa jenis olahraga yang melatih kekuatan dan membentuk otot dinilai bisa membantu dalam meningkatkan berat badan. Selain itu, kegiatan olahraga itu sendiri juga sungguh berfaedah dalam menghidupkan nafsu makan.

Aerobik, angkat beban, berenang, berlari, dan bersepeda statis ialah berbagai jenis olahraga yang bisa dicoba. Jangan lupa juga untuk memadukannya dengan mengkonsumsi cemilan kaya protein seperti susu coklat rendah lemak.

8. Berhenti Merokok

Berhenti Merokok - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Memang sudah menjadi pengetahuan lazim bahwa merokok sangatlah tidak baik bagi kesehatan, tak hanya bagi sang perokok itu sendiri, melainkan juga orang-orang disekitarnya.

Nah, meski begitu sepertinya masih banyak yang belum tahu bahwa merokok juga ialah salah satu pemicu menurunnya nafsu makan lho. Kok bisa?

Sebab, kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok ternyata mampu mengacaukan kadar hormon dalam tubuh sehingga menurunkan nafsu makan seseorang pula.

Sehingga, orang merokok condong malas makan yang mana bisa menciptakan badan tidak menerima asupan nutrisi yang sebaiknya. Kaprikornus, jelas berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara menaikan berat badan yang cukup efektif.

9. Jangan Pernah Melewatkan Sarapan

Jangan Pernah Melewatkan Sarapan - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Melewatkan sarapan sepertinya banyak dilakukan oleh sebagian orang yang difaktori oleh aneka macam argumentasi. Padahal, di dalam cara menaikan berat badan, sarapan merupakan satu hal yang samak sekali tak boleh dilewatkan.

Kamu mampu setidaknya menyantap 1 butir telur dan segelas jus buah sebagai menu sarapan. Tak hanya menunjukkan pengaruh kepada peningkatan berat badan, sarapan juga berfaedah dalam menawarkan energi pada tubuh sehari penuh.

10. Hindari Begadang

Hindari Begadang - 10 Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Nah, cara menaikan berat badan yang terakhir bisa kau lakukan yaitu dengan sebisa mungkin menyingkir dari yang namanya begadang. Kenapa? Sebab begadang ternyata bisa memperburuk kondisi kesehatan badan.

Tak hanya mampu menciptakan badan kian kurus, orang yang gemar begadang juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit ganas seperti kanker darah, jantung, hingga kesehatan mental.

Penyebab Berat Badan Sulit Naik

Setelah mengetahui perihal cara menaikan berat badan, mungkin banyak diantara kamu yang turut ingin mengetahui perihal beberapa faktor atau penyebab berat tubuh sulit naik. Dilansir dari situs doktersehat.com, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan berat tubuh susah naik, diantaranya yakni:

  • Gangguan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh setiap orang intinya berlainan-beda dan menjadi salah satu faktor mengapa berat badan seseorang sukar sekali naik, walaupun dia sudah makan sebanyak apapun. Biasanya, metabolisme badan ini disebabkan oleh aspek genetika.

Dalam arti yaitu jikalau ada anggota keluarga yang sulit gemuk meskipun telah makan banyak, maka dapat ditentukan bahwa orang tersebut mampu mengalami hal yang serupa.

  • Stress

Jika kamu ingin semoga cara menaikan berat tubuh dapat membuahkan hasil yang maksimal, maka usahakanlah untuk tidak stress. Karena, stress itu sendiri ternyata mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap sulitnya menaikan berat badan.

Ketika kau sedang tertekan, secara otomatis badan akan menanggapi dan mengakibatkan pergantian fungsi hormon, mirip penurunan nafsu makan dan metabolisme badan. Akibatnya, badan menjadi tidak mampu menyerap asupan gizi dengan baik.

  • Gaya Hidup

Meskipun kamu sudah melakukan berbagai cara menaikan berat badan, tetapi kalau tidak disokong dengan pola hidup yang seimbang, dapat ditentukan bahwa seluruhnya akan berakhir dengan sia-sia.

Beberapa kebiasaan yang mampu menimbulkan berat badan sulit naik yakni merokok, kebiasaan begadang, memakan alkohol, dan kurangnya istirahat.

Oleh alasannya adalah itu, jika kamu ingin cara menaikan berat badan dapat membuahkan hasil yang memuaskan, segeralah merubah gaya hidup dan kebiasaan yang dirasa kurang sehat.

(Baca Juga: 12 Makanan untuk Membakar Lemak)

Jadi, itulah beberapa cara menaikan berat tubuh yang dinilai cukup efektif dan ampuh. Nah, untuk mendukung biar berat tubuh bisa meraih angka ideal, pasti kamu juga perlu menyantap aneka macam kuliner sehat sekaligus mengganti pola hidup, bukan?

Namun, layak diakui bahwa membeli hidangan makanan sehat memang sedikit menguras dompet dibandingkan berbelanja masakan cepat saji dan sejenisnya yang condong tidak sehat.

Oleh karena itu, biar lebih irit dan mendukung acara kenaikan berat tubuh yang tengah kamu jalani, jangan lupa untuk melakukan transaksi dengan kartu kredit terbaik.

Sebab, dengan kartu kredit kamu berkesempatan untuk menerima sejumlah promo menawan yang membuat budget belanja menjadi lebih irit. Belum mempunyai kartu kredit? Jangan cemas! Kamu bisa secepatnya mengajukannya di CekAja.com.

Tak cuma mampu dipakai untuk mengajukan kartu kredit, di CekAja.com kamu bahkan juga mampu melakukan perbandingan wacana jenis kartu kredit manakah yang dinilai paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup lho.

Sehingga, pada nantinya kartu kredit tersebut dapat sepenuhnya membuat lebih mudah dalam melakukan berbagai jenis transaksi sehari-hari. Kaprikornus, tunggu apa lagi! Segera ajukan kartu kreditmu hanya di CekAja.com.