0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 tips Mempertahankan Jantung Tetap Sehat Sejak Usia Dini

Tahukah kamu, cara mempertahankan jantung tetap sehat, ternyata tidaklah sulit. Bahkan, bila hal tersebut bisa dilaksanakan bahkan semenjak usia dini.

Jantung sendiri ialah organ badan, yang memiliki peran mendapatkan dan memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga, penting untuk dijaga kesehatannya.

Pasalnya, kalau cara mempertahankan jantung tetap sejat tak dijalankan, besar kemungkinan akan mengakibatkan gangguan kardiovaskular, yang kerap menghipnotis struktur dan fungsi jantung.

Tidak cuma itu, penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung, lazimnya juga akan menghipnotis kondisi lain, mirip penyumbatan pembuluh darah.

Penyumbatan tersebutlah, yang mampu menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, sampai stroke.

Penyakit Jantung Bisa Menyerang Anak Muda

Siapa bilang, penyakit jantung mirip stroke, serangan jantung dan kondisi jantung yang lain hanya menyerang orang-orang berusia di atas 60 tahun?

Nyatanya, penyakit jantung juga bisa menyerang bawah umur muda, berusia 20 tahunan.

(Baca Juga: 8 Makanan yang Minimalkan Risiko Penyakit Jantung)

Sehingga, meski masih muda, kau wajib mencurigai penyakit mematikan ini.

Bahkan, faktanya penyakit jantung bisa menyerang 1 dari 10 orang Amerika, yang berusia di antara 20-39 tahun.

Mengapa? Hal tersebut tentu akhir pola hidup anak muda zaman sekarang yang jelek dan tidak sehat.

Kebiasaan jelek tersebut, seperti teladan makan yang jelek, jenis kuliner yang dimakan, kebiasaan yang tidak sehat, jarang bergerak atau olahraga, dan lainnya.

Nah, dalam memperingati Hari Jantung Dunia, yang jatuh pada 1 September, yuk kita jaga kesehatan jantung dengan gaya hidup sehat.

Adapun cara mempertahankan jantung tetap sehat semenjak dini, bisa kau terapkan dengan gampang.

Dengan menerapkan cara mempertahankan jantung tetap sehat, semenjak usia dini, maka hal tersebut bisa menjadi investasi untuk kesehatan jantung, dalam jangka panjang.

10 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Sejak Usia Dini

1. Rajin Bergerak dan Olahraga

Cara mempertahankan jantung tetap sehat yang pertama yaitu, dengan bersungguh-sungguh bergerak dan olahraga secara terencana, sekurang-kurangnya30 menit saban hari.

Dengan bergerak atau berolahraga, maka akan menolong memajukan kebugaran beberapa organ, mirip jantung dan paru-paru.

Rutin berolahraga juga bisa menurunkan risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi. Bahkan, bisa menjaga berat tubuh yang ideal.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu kerjakan, untuk menjaga jantung tetap sehat, mirip berjalan kaki, jogging, naik sepeda, renang, yoga, lompat tali dan lainnya.

2. Rutin Melakukan Cek Tekanan Darah

Cara menjaga jantung tetap sehat selanjutnya yakni dengan rutin melakukan cek tekanan darah.

Dengan mengenali berapa tekanan darahmu, kamu jadi bisa meminimalisir dan menghalangi penyakit jantung.

Untuk angka tekanan darah sendiri pada tubuh seseorang, normalnya ialah di bawah 120/80 mmHg.

Namun, kalau angka sistolik (angka atas), pertanda angka di antara 120-139, dan angka diastolik (angka bawah) di antara 80-89, itu artinya kamu mempunyai “prehipertensi”.

Mengapa tekanan darah tinggi atau hipertensi berbahaya? Hal tersebut dikarenakan mampu menyebabkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

3. Rajin Minum Air Putih

Tidak mampu dipungkiri bahwa rajin minum air putih, memang menjadi salah satu cara menjaga jantung tetap sehat.

Pasalnya, bagi para penderita penyakit jantung, asupan cairan dalam badan menjadi sungguh penting.

Bahkan, penderita penyakit jantung perlu menanyakan batas jumlah cairan yang diminum, bahkan sumber cairan selain dari air putih, juga perlu dipertimbangkan.

4. Mengontrol Asupan Kolesterol

Penyakit jantung sering dikaitkan dengan lemak dan kolesterol berlebih dalam tubuh.

Maka dari itu, menjaga hingga menertibkan asupan kolesterol bisa menjadi salah satu cara menjaga jantung tetap sehat.

Kamu bisa membatasi asupan lemak bosan dan kolesterol jahat, dalam batas masuk akal, dengan menentukan makanan yang tidak mengandung kolesterol tinggi.

Kamu juga mesti rutin mengecek kadar kolesterol dalam darah, yang kalau kolesterol LDL sudah lebih dari 200 mg/dL, maka perlu berhati-hati.

Kurangi asupan kuliner yang mengandung kolesterol dan lemak jahat, mirip mentega, krim, kue, daging berlemak.

Jika menghalangi makanan berkolesterol tinggi saja tidak cukup, mungkin kau mampu menurunkan kadar kolesterol dengan beberapa obat penurun kolesterol, yang diresepkan dokter.

5. Tidak Merokok dan Hindari Asap Rokok

Cara mempertahankan jantung tetap sehat yang berikutnya yaitu dengan tidak merokok, dan menjauhi asap rokok.

Pasalnya, merokok mampu menjadi salah satu faktor paling besar lengan berkuasa terhadap risiko penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan, adanya kandungan tembakau, yang mampu merusak jantung, pembuluh darah, mampu menimbulkan penyempitan arteri balasan penumpukan plak (aterosklerosis).

Tidak hanya dari tembakau, hasil pembakaran yang berupa karbon monoksida dalam asap rokok, juga mampu mengambil alih beberapa oksigen dalam darah.

Hal tersebut tentu bisa menyebabkan tekanan darah, dan detak jantung yang bekerja lebih keras, untuk memasok oksigen.

6. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Memiliki waktu tidur yang cukup dan bermutu kunci jantung sehat, karena mampu meminimalkan terjadinya obesitas, serangan jantung, diabetes, dan tertekan.

Untuk waktu tidur yang ideal, sebagai cara mempertahankan jantung tetap sehat, yakni dengan tidur tujuh sampai sembilan ja, sehari.

7. Jaga Kesehatan Mulut, Gigi, dan Gusi

Siapa sangka, bahwa kesehatan verbal, gigi, dan gusi juga sangat mempegaruhi kesehatan jantung.

Hal tersebut dikarenakan, bahwa penyakit yang muncul dari lisan, gigi, dan gusi, mirip periodontitis (penyakit gusi), ternyata berisiko mengalami penyakit jantung.

Terlebih, kuman-bakteri sangat mudah masuk lewat mulut. Bakteri dalam lisan tersebut mampu terlibat dalan kemajuan penyakit gusi, yang mampu saja masuk ke dalam pedoman darah, dan bisa menjadikan peradangan pada pembuluh darah.

Hal tersebutlah, yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

8. Belajar Mengelola Stres

Tidak cuma fisik, mental dan anggapan juga mampu menghipnotis kesehatan jantung. Sehingga, mulai mencar ilmu menertibkan dan mengurus stres, adalah salah cara mempertahankan jantung tetap sehat.

Agar tidurmu berkualitas, kau mampu melakukan berbagai cara, seperti yoga, latihan relaksasi atau meditasi.

9. Minum Obat Sesuai Petunjuk Dokter (Bagi penderita penyakit jantung)

Nah, buat kamu yang memang memiliki riwayat penyakit jantung, jangan ragu untuk ruti berobat hingga menyantap obat-obatan dari dokter.

Dengan cara tersebut, kamu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, contohnya dengan minum obat penurun tekanan darah atau kolesterol.

Pasalnya, jikalau tekanan darah atau kolesterol berkembangsedikit saja, besar kemungkinan akan lebih mempengaruhi keadaan jantung, bagi penderita penyakit jantung.

Jika telah diberikan resep dan obatnya, seharusnya konsumsi secara terencana, sesuai isyarat dokter.

10. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Cara menjaga jantung tetap sehat yang terakhir adalah dengan mengamati masakan yang dimakan.

Tidak cuma menghalangi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jahat tinggi, kamu juga perlu mengenali gugusan masakan yang bisa menyehatkan jantung.

Kaprikornus, jangan cuma menghalangi dengan menghalangi masakan yang kurang sehat, tetapi cegah penyakit jantung juga dengan konsumsi kuliner yang bagus untuk jantung.

Nah, itu dia beberapa cara menjaga jantung tetap sehat, yang mampu dikerjakan sejak usia dini.

Adapun, untuk soal konsumsi makanan, memang condong lebih sukar untuk pilah pilih, kuliner yang bisa menyehatkan jantung.

(Baca Juga: Agar Tidak Serangan Jantung Saat Bersepeda)

Memang kuliner apa saja sih, yang mampu menyehatkan jantung? Yuk intip di sini, jangan sampai kau telah menerapkan cara menjaga jantung tetap sehat di atas, kamu sembarang pilih konsumsi makanan.

15 Makanan Sehat untuk Jantung

  • Ikan Salmon
  • Rempah-rempah
  • Ikan Tuna
  • Minyak Zaitun
  • Almond
  • Kacang Kenari
  • Edamame
  • Tahu
  • Ubi Jalar
  • Jeruk
  • Oatmeal
  • Yoghurt Rendah Lemak
  • Blueberry
  • Flaxseed
  • Anggur Merah dan Resveratrol

Selain dari cara mempertahankan jantung hingga memilih kuliner, untuk mengurangi risiko penyakit jantung, lindungi diri juga dengan asuransi kesehatan.

Pasalnya, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi secara mendadak.

Sehingga, penting bagi kau untuk mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan terbaik, apalagi bila kamu memang memiliki riwayat penyakit jantung.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka kau mampu menghemat risiko kesehatan dan risiko kerugian finansial.

Terlebih, biaya pengobatan penyakit jantung, tidaklah murah, dan ongkos pengobatan rumah sakit tiap tahun, juga akan terus bertambah.

Kaprikornus, telah saatnya kamu miliki asuransi kesehatan terbaik, yang mampu kau olok-olokan dengan gampang, cuma di CekAja.com!

CekAja.com menawarkan banyak opsi produk asuransi kesehatan, dari banyak sekali perusahaan asuransi kesehatan terkemuka di Indonesia.

Yuk, segera usikan asuransi kesehatan terbaik, pilihanmu dengan gampang cepat, hanya di CekAja.com!