0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Tips Memilih Universitas Swasta Murah Bermutu

Para calon mahasiswa dan orang bau tanah, tampaknya wajib tahu kiat memilih universitas swasta murah bermutu berikut ini, pasca gagal di SNMPTN dan SBMPTN 2020. Makara, jangan sedih!

Seperti yang dikenali, memang tak bisa disangkal bila sebagian besar siswa di Indonesia, pasti akan menentukan sekolah tinggi tinggi negeri (PTN), untuk melanjutkan pendidikannya.

Namun, banyaknya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri, membuat peminat PTN membludak, sampai tak bisa memuat semua. Sehingga, bagi siswa yang tak lolos, terpaksa untuk memilih sekolah tinggi tinggi swasta.

Biaya PTN Lebih Murah Ketimbang PTS?

Mungkin hal ini menjadi salah satu faktor mengapa banyak siswa dan orang renta lebih memilih Perguruan Tinggi Negeri daripada perguruan tinggi tinggi swasta (PTS). Hal itu dikarenakan biaya pendidikan PTN memang jauh lebih rendah, dengan kualitas yang anggun.

Sedangkan PTS, mempunyai biaya yang lebih mahal, dengan kualitas setara Perguruan Tinggi Negeri. Namun, jangan cemas, alasannya adalah ketika ini sudah banyak PTS yang mempunyai biaya pendidikan murah, dengan kualitas yang tak kalah cantik dari Perguruan Tinggi Negeri.

Sehingga, buat kau para kandidat mahasiswa selanjutnya, penting untuk menawarkan beberapa pilihan PTS, selain menjajal tes di Perguruan Tinggi Negeri.

(Baca Juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta)

Tidak sukar untuk menentukan PTS yang bagus, kalau kamu mengetahui tips menentukan universitas swasta murah berkualitas berikut ini.

Kaprikornus, tak perlu minder jikalau kamu masuk PTS. Karena, dengan masuk PTS, bukan memiliki arti kamu tidak cendekia atau bahkan susah menerima pekerjaan.

Tips Memilih Universitas Swasta Murah Berkualitas

Yuk, pribadi saja intip tips menentukan universitas swasta murah bermutu, di sini:

1. Ranking Universitas

Tips menentukan universitas swasta murah berkualitas yang pertama yakni dengan melihat dari ranking universitasnya. Karena dengan ranking, kamu mampu menyaksikan apakah kampus tersebut tersohor atau tidak.

Pasalnya, masih banyak calon mahasiswa, yang masih menyepelekan ranking. Untuk melihat ranking suatu universitas, baik secara nasional atau internasional, kamu bisa mengeceknya di banyak forum.

Seperti di Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICURank/Unirank, dan QC World University Ranking, forum lainnya.

2. Akreditasi Universitas

Setelah mengenali ranking universitas yang kau pilih, kiat memilih universitas swasta murah bermutu selanjutnya ialah melihat pengakuan universitasnya.

Akreditasi merupakan sebuah penilaian, yang memilih suatu universitas tersebut, berkualitas atau tidak. Penilaian ini, dinilai pribadi oleh pemerintah, untuk menstandarisasi mutu suatu sekolah maupun kampus.

Akreditasi sendiri dibedakan menjadi beberapa kalangan, yakni Akreditasi A (Sangat Baik), Akreditasi B (Baik), Akreditasi C (Kurang), dan Belum Terakreditasi (Belum Ada Penilaian).

Jika suatu universitas memiliki pengakuan tinggi atau berada di grade A, maka telah pasti universitas tersebut mempunyai mutu yang bagus, dari sisi akomodasi, pengajar, lulusan, gambaran, dan yang lain.

Untuk daftar pengukuhan kampus yang ingin kamu pilih, kamu mampu melihatnya di situs web resmi BAN-PT.

3. Akreditasi Fakultas/Jurusan/Program Studi

Tidak hanya universitasnya, fakultas/jurusan/acara studinya pun mempunyai akreditasi. Kaprikornus, jangan mentang universitasnya terakreditasi A, kamu mengabaikan pengukuhan fakultas.

Pasalnya, dalam kiat memilih universitas swasta murah berkualitas, hal ini juga tak boleh terlupakan.

Karena, jika sebuah universitas memiliki akreditas manis, belum pasti jurusannya juga anggun.

Untuk pengakuan jurusan, kau juga mampu melihatnya pribadi, di website resmi BAN-PT.

4. Prospek Kerja

Gagal masuk PTN, bukan mempunyai arti kamu akan sukar dapat pekerjaan. Karena, semua tergantung dari usahamu sendiri, begitupun dikala kau menimba ilmu di universitas swasta.

Maka dari itu, seleksilah universitas swasta yang mempunyai gambaran yang cantik di mata perusahaan-perusahaan di Indonesia. Pilih juga jurusan, yang mempunyai kesempatan kerja yang tinggi.

5. Kesuksesan para Alumni

Tips memilih universitas swasta murah bermutu, yang selanjutnya ini juga bisa kau lihat dari segi keberhasilan alumninya. Pasalnya, dengan keberhasilan alumni, maka nama kampus juga akan ikut tersohor.

Meski swasta, ternyata banyak juga loh petinggi-petinggi sebuah perusahaan atau forum, pebisnis, hingga selebriti, yang berasal dari universitas swasta.

Nah, bila universitas swasta yang kamu pilih memiliki segudang alumni yang berhasil, maka besar kemungkinan, kampus tersebut juga memiliki mutu yang bagus.

Pasalnya, gambaran alumni juga akan mempunyai dampak terhadap perusahaan tempat alumni melakukan pekerjaan . Sehingga, para fresh graduate mampu mempunyai kesempatan yang besar, untuk mampu melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut.

6. Usia Kampus

Tips menentukan universitas swasta murah berkualitas, yang tak kalah penting yakni dilihat dari usia kampusnya. Memangnya penting menyaksikan usia kampus?

Jelas penting dong! Karena logikanya, jikalau sebuah universitas swasta mempunyai usia yang sudah renta, maka citranya makin baik. Dilihat dari mana?

Artinya, universitas tersebut masih tetap bertahan, dengan segala apa yang telah ia miliki. Misalnya, masih banyak siswa yang menentukan kampus tersebut, masih menciptakan lulusan berkompeten, dan lain-lain.

Coba bayangkan, bila sebuah kampus sepi peminat, lulusannya jarang yang berkompeten dan lain-lain. Apakah kampus tersebut bisa terus bangkit, tanpa dukungan dari para penghuninya?

7. Fasilitas Kampus

Sebenarnya, jikalau kampus tersebut mempunyai pengesahan yang elok, maka akomodasi kampusnya sudah terjamin. Karena, fasilitas kampus akan mendukung proses berguru mahasiswa.

Misalnya, kelas yang tenteram, tersedia laboratorium yang lengkap, perpustakaan, kantin, dan lain-lain.

8. Lokasi Kampus

Dalam menentukan universitas swasta murah bermutu, kau juga harus meriset lokasi kampus. Biasanya, lokasi kampus juga memilih elok atau tidak, bahkan hingga murah atau mahalnya kampus.

Selain itu, jarak kampus dari rumah juga harus diperhitungkan. Karena, hal tersebut menyangkut biaya pendidikan, yang masuk sebagai biaya.

Kamu bisa cari kampus yang berlokasi erat rumah apalagi dulu, jikalau tidak ada universitas swasta yang murah dan bermutu, bisa cari ke luar kota, atau provinsi.

Namun, tetap memperhitungkan ongkos biaya, seperti bayar transportasi, kost, ongkos hidup dan lain-lain.

Makara, sesuaikan juga ya, dengan ongkos pendidikan kampusnya. Jangan hingga kau pilih kampus yang terlampau mahal, dan jauh pula dari rumah.

9. Meminta Rekomendasi dari Para Alumni

Jika kamu kesulitan untuk me-review universitas swasta yang kau pilih, kau juga meminta nasehat pribadi dari para alumni, selaku tips memilih universitas swasta murah berkualitas.

Biasanya, review dari para alumni lebih jujur dan lengkap. Pengalaman mereka juga mampu dijadikan sumber info yang berhubungan .

(Baca Juga: Sekolah Menengan Atas Swasta Terbaik di Bogor Terakreditasi A)

Sehingga, jikalau kau ingin meriset suatu universitas swasta, eksklusif saja tanyakan kepada alumninya. Mulai dari akreditasi, akomodasi, biaya, kesempatan kerja, dan yang lain.

10. Biaya Pendidikan

Tips memilih universitas swasta murah berkualitas, yang satu ini sepertinya sungguh menentukan saat kamu telah memiliki beberapa opsi universitas, dengan status terbaik.

Meski beberapa PTS mempunyai ongkos pendidikan yang lebih mahal daripada Perguruan Tinggi Negeri, namun dari sisi mutu sama bagusnya, kenapa tidak dipilih?

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan hal tersebut, dengan budget kuliah yang telah kamu siapkan.

Jika tidak memadai, kamu mampu menentukan universitas, yang mempunyai ongkos pendidikan lebih rendah, tetapi masih mempunyai kualitas yang masih bagus.

Misalnya, universitas terakreditasi A, jurusan terakreditasi B, lokasi di perkotaan, kemudahan mumpuni, pengajar dari lulusan universitas ternama, harapan kerja cantik, memiliki banyak alumni yang sukses.

Bahkan, tidak jarang juga universitas swasta, yang menawarkan beasiswa. Atau, kamu juga mampu mengajukan pinjaman dana pendidikan, dengan gampang, cepat, dan simpel, melalui CekAja.com.

Pinjam Dana Pendidikan? Lewat CekAja.com Saja!

Pinjaman dana pendidikan, biasanya diperlukan ketika kamu baru masuk suatu instansi pendidikan. Misalnya untuk mengeluarkan uang duit pangkal sekolah, biaya masuk kuliah, dan lain-lain.

Karena, di saat seperti itu, biaya pendidikan yang diperlukan, pribadi besar. Sehingga, pemberian dana pendidikan, sangat menolong kau, untuk soal ongkos pendidikan.

CekAja.com sendiri, menyediakan banyak produk pemberian dana untuk pendidikan, dari berbagai perusahaan P2P lending, sampai bank. Adapun pilihan suku bunga, tenor, dan cicilannya mampu disesuaikan dengan keperluan kamu.

Jadi, jangan tunda lagi impianmu untuk bisa melanjutkan pendidikan setinggi mungkin. Dengan perlindungan perlindungan dana pendidikan dari CekAja.com, kau mampu dengan mudah memilih universitas swasta terbaik pilihanmu.

Yuk, kunjungi situs CekAja.com sekarang juga, dan peroleh produk derma dana pendidikan terbaik!