0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih Yang Pas Untuk Pembatasan Makanan

Sumber karbohidrat selain nasi putih patut kamu pahami, apalagi dikala sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Ada banyak sumber karbohidrat lain yang mampu kau pilih. Ini ia daftarnya!

Pentingnya Karbohidrat Bagi Tubuh

Karbohidrat yakni senyawa kompleks yang mengandung gula paling penting bagi badan alasannya adalah akan dimasak selaku sumber energi.

Pentingnya karbohidrat tidak mampu dihilangkan bagi pemenuhan nutrisi harian. Oleh sebab itu, karbohidrat tidak bisa dicoret permanen dari daftar makanan, sekalipun kau sedang diet.

Ada aneka macam faedah penting karbohidrat bagi badan, di antaranya:

  • Menyediakan energi yang mau disimpan badan
  • Membantu mempertahankan massa otot
  • Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjadi senyawa pengendali berat badan

Sebagian besar orang Indonesia pasti menimbulkan nasi putih sebagai sumber karbohidrat utama.

Sayangnya, masih banyak orang yang memilih tidak mengonsumsi nasi putih sama sekali ketika diet, namun tidak mencari alternatif sumber karbohidrat selain nasi putih.

Padahal, ada banyak opsi sumber karbohidrat selain nasi putih yang mudah didapatkan di pasaran, lho. Kandungannya dijamin lebih baik untuk badan, dan kau akan lebih usang merasa kenyang.

Kekurangan Nasi Putih Sebagai Sumber Karbohidrat

Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya kenapa kandungan nasi putih dianggap kurang baik untuk kesehatan? Well, hal ini memang sudah terbukti sebab beberapa alasan tertentu.

Pertama, indeks glikemik (IG) dari nasi putih terbilang tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat yang lain. IG sendiri tingkatan suatu panganan yang memberi imbas pada kadar gula darah di dalam badan.

Jadi, jikalau kita mengonsumsi nasi putih, maka maka kadar gula darah akan lebih memiliki peluang naik dengan segera sesaat. Jika sudah begini, kinerja pankreas sebagai produsen insulin harus lebih ekstra untuk mengurai kadar gula darah tersebut.

Proses peleburan gula dari nasi putih yang dijalankan oleh insulin lalu membuat kadar gula darah kembali turun dengan segera. Akibatnya, kau pun justru akan merasa lebih singkat lapar.

Nah, keadaan ini tentu saja tidak menguntungkan bagi kau yang sedang pembatasan makanan untuk menurunkan berat tubuh.

Maka dari itu, seleksilah sumber karbohidrat selain nasi putih dengan karbohidrat kompleks yang lebih menyehatkan dan membuat kenyang.

(Baca Juga: 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag)

Daftar Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih

Berikut ini beberapa sumber karbohidrat selain nasi putih yang mampu kau pilih. Masing-masing di antaranya memiliki keunggulan yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

1. Nasi Merah

Nasi merah tentu telah sering kita dengar selaku sumber karbohidrat selain nasi putih. Walau bentuknya sama, ada hal yang membedakan.

Nasi merah mempunyai serat yang lebih tinggi. Ini akan membuatmu merasa kenyang lebih usang, dan memperlancar pencernaan.

Diet dijamin akan sukses alasannya adalah kamu tak gampang merasa lapar, dan BAB lebih tanpa hambatan.

2. Gandum

Gandum atau oat, baik dalam bentuk biji utuh maupun produk olahan lainnya sungguh berguna untuk tubuh.

Karbohidrat kompleks menciptakan siapapun yang memakannya merasakenyang lebih lama. Selain itu, gandum menolong menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam badan.

Produk olahan gandum yang bisa kamu pilih yaitu gandum utuh yang diseduh dengan air panas dan dimakan dengan aneka lauk dan buah, atau dalam bentuk sereal dan pasta.

3. Quinoa

Sumber karbohidrat selain nasi putih selanjutnya yaitu quinoa atau biji-bijian bernutrisi. Di dalamnya telah ada kandungan karbohidrat sebanyak 21,3 persen, serta serat dan protein.

Makanan yang satu ini juga gluten free, sehingga lebih menyehatkan dan cocok untuk kamu yang vegan.

4. Singkong

Singkong atau ubi kayu yakni sumber karbohidrat selain nasi putih yang mudah didapatkan dan harganya murah.

Rebusan singkong akan terasa sedikit asin, dengan tekstur yang lembut. Rasanya lezat jika dimakan dengan lauk pauk yang lain.

Tanaman dengan nama ilmiah Manihot esculenta ini mengandung karbohidrat baik, fosfor, kalsium, vitamin C, zat besi, protein, dan yang terpenting rendah kalori.

5. Jagung

Jagung juga bisa menjadi pilihanmu sebagai sumber karbohidrat selain nasi putih. Biji-bijian berwarna kuning ini kaya akan serat, vitamin C, antioksidan, lutein, dan zeaxanthin.

Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, dibakar, atau dimasukkan ke dalam sup sayuran.

(Baca Juga: 12 Makanan untuk Membakar Lemak, Bantu Turunkan Berat Badan)

6. Kentang

Ternyata, kandungan serat kentang akan lebih tinggi bila kamu mengonsumsi kentang beserta kulitnya.

Agar rasanya lebih lezat dan kulit tidak terlalu tebal, seleksilah jenis baby potato atau kentang ukuran mini selaku sumber karbohidrat selain nasi putih.

Selain serat, kentang mengandung karbohidrat baik, vitamin C, dan kalium.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar yang memiliki banyak jenis dan warna juga yummy dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih. Sama seperti singkong, ubi jalar juga mudah banget ditemukan dan harganya terjangkau.

Setiap ubi jalar mengandung karbohidrat, serat, vitamin A, dan protein.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga masuk ke dalam daftar sumber karbohidrat selain nasi putih. Ganti takaran nasimu dengan semangkuk kacang polong, kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang merah.

Karbohidrat kompleks di dalamnya akan membuatmu kenyang lebih usang dan serat akan membuat pencernaan lebih tanpa gangguan.

9. Mangga

Beberapa jenis buah-buahan juga mengandung karbohidrat dan gula yang mampu dijadikan pengganti nasi putih.

Seperti mangga salah satunya. Setiap setiap 25 ml mangga mengandung 100 gram kalori. Buah yang masuk ke dalam famili tumbuhan Anacardiaceae ini juga kaya akan serat dan vitamin C.

10. Apel

Apel diketahui selaku buah pengganjal lapar saat diet. Dalam satu buah apel terkandung sekitar 13 persen hingga 15 persen karbohidrat, vitamin dan mineral.

Buah dengan warna ikonik merah ini juga mengandung gula alami yang baik untuk badan.

Konsumsi Karbohidrat Secukupnya dan Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan

Itulah daftar sumber karbohidrat selain nasi putih lain yang mampu kamu pilih untuk mendapatkan nutrisi yang lebih menyehatkan.

Bagaimanapun juga, konsumsi karbohidrat harian mesti sesuai dengan keperluan setiap badan.

Yakni sekitar dari total keperluan kalori harian. Setiap nutrisi masakan akan baik untuk kesehatan jikalau dikonsumsi dengan takaran pas dan sepadan.

Kelebihan zat apapun sebab konsumsi berlebih pasti akan menjadikan ganjalan kesehatan di kurun mendatang.

Selain makan masakan bergizi, lindungi juga dirimu dengan asuransi kesehatan. Di CekAja.com, kau bisa membandingkan terlebih dahulu produk asuransi yang pas sesuai dengan keperluan.

Besaran premi akan diubahsuaikan dengan profil keuanganmu. Uang pertanggungan dijamin menguntungkan, dengan forum kesehatan rekanan yang terbaik dan tersebar di seluruh Indonesia.

Yuk, bandingkan dan ejekan asuransi kesehatan melalui CekAja.com kini juga!