0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Pengobatan Tidur Siang Yang Bantu Jaga Kesehatan Badan Dan Emosional

Perlu dimengerti, bahwa manfaat tidur siang yang diberikan untuk badan itu sungguh banyak. Selain membuat badan menjadi lebih segar, tidur siang juga mampu meningkatkan mood, fokus, daya ingat, kreativitas hingga menangkal risiko penyakit jantung dan stroke.

Semua faedah tersebut tentu akan kamu rasakan, kalau kau tidur siang di waktu yang sempurna. Tidak cuma itu, semua faedah tidur siang yang diberikan juga berlaku untuk bawah umur dan orang sampaumur.

Kaprikornus, faedah tidur siang bisa dicicipi oleh siapa pun, asalkan tidur tidur di waktu yang tepat dan sesuai dengan keperluan badan. Lantas, apa saja faedah tidur siang tersebut?

Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kau sebagai berikut.

10 Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat tidur siang yang pertama ialah meningkatkan konsentrasi. Melansir dari merdeka.com, National Aeronautics and Space Administration (NASA) melakukan sebuah riset, yang memberikan suatu asil bahwa pilot yang melakukan tidur siang selama kurang lebih 40 menit, tingkat kewaspadaannya jauh lebih tinggi dibandingkan pilot yang tidak tidur siang.

Tidak hanya itu, tidur siang yang dilaksanakan sekitar 20 menit ternyata secara efektif bisa meningkatkan kewaspadaan lebih baik, kalau dibandingkan dengan mengonsumsi 200 mg kafein dan olahraga.

(Baca Juga: Manfaat Tidur 8 Jam Sehari)

2. Menjaga Mood Selalu Baik

Salah satu hormon yang bisa mempertahankan dan menertibkan mood ialah hormon serotonin. Hormon ini tidak cuma bisa mengontrol situasi hati, namun juga bisa menciptakan rasa puas serta kesejahteraan.

Hormon serotonin ini umumnya meningkat, bila seseorang memiliki tingkat stres yang rendah. Salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan tingkat stres yakni tidur siang.

Dengan demikian, tidur siang mampu membantu menjaga dan mengembangkan mood baik seseorang.

3. Menghindari Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat tidur siang yang berikutnya ialah menghindari risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan, tidur siang sekitar 20-40 menit mampu membuat jantung menjadi lebih sehat. Pasalnya, setiap harinya jantung dibiarkan bekerja keras.

Apabila kamu mempunyai waktu tidur yang kurang, kau secara tidak langsung membiarkan jantung melakukan pekerjaan lebih keras dari lazimnya . Sehingga, jantung akan lebih cepat letih, yang ditandai dengan degup kencang.

Terlebih bila amu memaksakannya dengan minum kopi, hal itu hanya akan menciptakan jantung lebih gampang sakit dan berisiko terkena gangguan.

Maka dari itu, buat kamu yang sering tidur larut malam, sebisa mungkin setiap harinya kamu menyediakan waktu untuk tidur siang, setidaknya 20-40 menit, untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Produktivitas

Dengan tidur siang yang cukup, kamu ternyata bisa memajukan produktivitas. Manfaat tidur siang yang satu ini juga dibilang oleh seorang neurologis dari University College London, Vincent Walsh yang mengatakan kalau tidur siang ialah waktu terbaik, untuk mengistirahatkan otak sejenak, seperti yang dilansir dari 99.co.

Karena pada dasarnya, orang yang sepanjang hari sibuk mengerjakan tugas, tingkat produktivitasnya menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, banyak orang khususnya para pekerja, yang tingkat konsentrasinya menurun pada saat malam hari.

Dengan demikian, tidur siang selama kurang lebih 30 menit, mampu menolong menjaga produktivitas kerja, baik di siang hari maupun di malam hari.

5. Mempertajam Daya Ingat

Tidur siang diandalkan mampu mempertajam daya ingat seseorang, tidak cuma bagi belum dewasa, tetapi juga untuk orang sampaumur dan lansia, yang biasanya telah mengalami penurunan daya ingat.

Manfaat tidur siang bagi bawah umur sendiri, memiliki kegunaan untuk mengingat serta mengerti hal-hal yang sudah dipelajari di hari itu.

Sebuah studi yang dijalankan oleh Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat mengatakan, bahwa tidur siang secara efektif mampu meningkatkan kepintaran.

6. Meningkatkan Kreativitas

Sudah menjadi diam-diam lazim, kalau daya kreativitas seseorang akan terbentuk jika dilatih secara terus-menerus. Namun ternyata, selain itu masih ada faktor lain yang juga menghipnotis daya kreativitas, yaitu tidur siang.

Ya, tidur siang nyatanya mampu meningkatkan dan mempertajam daya kreativitas. Hal ini juga dibilang oleh Sara Mednick, seorang ahli dari University of California, kalau tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensori dan kreativitas seseorang.

Selain itu, tidur siang juga mampu memperlihatkan inspirasi yang lebih kasatmata, Hal itu disebabkan oleh meningkatnya buatan hormon serotonin di otak.

7. Menangani Insomnia

Selain menjaga pola tidur dikala malam hari, kau juga mampu menangani insomnia dengan tidur siang yang cukup, loh! Manfaat tidur siang yang satu ini, secara efektif sungguh-sungguh menolong orang-orang yang mengalami gangguan kesulitan tidur.

Pasalnya, bila tak bisa tidur dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama, itu hanya akan merusak kinerja badan secara perlahan. Oleh alasannya adalah itu, kamu perlu segera mengatasinya dengan rutin melaksanakan tidur siang.

Namun, apabila tidur siang juga tidak mampu menolong mengatasi sulit tidur, maka kau mesti mengkonsultasikannya ke dokter terkait, atau bahkan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

8. Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat tidur siang yang kedelapan yakni menghalangi risiko timbulnya penyakit diabetes. Buat kau yang memiliki keturunan penyakit diabetes, atau bahagia mengonsumsi masakan dan minuman elok, hati-hati. Sebab, kau sangat riskan untuk terkena penyakit diabetes.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu mampu mengatasinya dengan cara mengatur apa saja asupan makanan yang masuk ke dalam badan, serta melaksanakan tidur siang secara rutin.

Karena, tidur siang yang dilaksanakan secara rutin, dapat membantumu menurunkan hormon kortisol, yang nantinya akan menurunkan diabetes secara alami.

9. Menurunkan Kadar Stres

Stres memang bisa disebabkan oleh banyak aspek, di antaranya seperti kurang tidur, peran sekolah, pekerjaan, duduk perkara keluarga, perekonomian, dan lain sebagainya. Namun, apakah kau tahu, jika bantu-membantu kau mampu menurunkan kadar stres dengan cara tidur siang?

Manfaat tidur siang ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi yang dijalankan pada 2012. Studi tersebut mengatakan, jikalau tidur siang mampu meminimalisir hormon stres secara efektif.

Meskipun tidak dapat hilang, namun setidaknya tidur siang mampu mengatur hormon stres dengan lebih baik.

10. Mengatasi Rasa Lelah

Manfaat tidur siang yang terakhir adalah mengatasi rasa lelah. Sudah menjadi diam-diam lazim, bila rasa lelah sudah melanda, maka kantuk pun sudah tidak mampu ditahan.

Tetapi bila rasa kantuk itu datang pada siang hari, maka tidur siang menjadi salah satu acara yang bermanfaat.

Bagaimana tidak, tidur siang yang dikerjakan selama kurang lebih 40 menit, mampu membuat badan menjadi lebih rileks dan segar. Hal tersebut dikarenakan, tidur siang di sini berfungsi sebagai pengendali letih. Setelah tidur siang, nantinya kamu akan menjadi lebih berhati-hati.

Waktu Ideal Tidur Siang

Rasanya belum lengkap apabila kamu hanya mengetahui faedah tidur siang, tanpa mengetahui waktu tidur siang yang ideal.

Mungkin sebagian besar dari kau berpikir, bila waktu tidur siang yang ideal yakni di jam 12-2 siang. Namun ternyata, waktu ideal untuk tidur siang yaitu jam 2-3 siang.

Hal itu dikarenakan, pada jam-jam tersebut orang-orang berkemungkinan besar akan merasa mengantuk sesudah makan siang. Tetapi, jika di antara jam 2-3 siang kau tidak merasa ngantuk dan tidak bisa tidur, maka kamu harus mengamati kembali waktu makan siang dan tidur siangmu dikala itu.

Pasalnya, bila waktu makan siang terlalu dekat dengan jam tidur siang, kadar gula dan energi dalam tubuh belum menurun. Sehingga, badan pun secara alami belum siap untuk tidur siang.

Maka dari itu, saat kau berniat untuk tidur siang, kamu mesti menentukan terlebih dulu, jika jarak antara waktu makan siang dengan tidur siang tidak terlampau dekat.

Selain itu, sebisa mungkin kau juga tidak tidur lebih dari 30 menit. Sebab, jika kau tidur siang terlalu usang, itu cuma akan membuatmu pusing dan tidak lezat tubuh.

Efek Samping Tidur Siang

Meski manfaat tidur siang sangat banyak, namun kalau kau tidak tidur di waktu yang tepat dengan durasi tidur yang usang, itu tidak menutup kemungkinan bila tidur siang mampu memberikan imbas samping. Adapun beberapa efek samping yang mampu timbul, balasan dari tidur siang terlalu usang, ialah:

  • Kesulitan tidur dikala malam hari
  • Terkena sindrom metabolik
  • Diabetes tipe 2
  • Sakit jantung
  • Meningkatkan risiko diabetes

(Baca Juga: Makanan untuk Mengatasi Insomnia)

Semua imbas samping dari terlalu usang tidur siang tersebut dapat terjadi pada siapa saja, tidak cuma orang remaja, tetapi juga dapat menyerang belum dewasa dan lansia. Oleh alasannya itu, sebisa mungkin kau mempertahankan dan mengatur waktu tidur siangmu semenjak dini.

Jangan hingga, alasannya adalah faedah tidur siang yang diberikan sungguh banyak, kau jadi merasa mampu memakai waktu tidur siang sebanyak mungkin.

Karena, jikalau kamu melakukannya dalam waktu yang panjang, itu cuma akan memajukan risiko timbulnya banyak sekali jenis penyakit.

Jika sudah terjangkit penyakit, tentu kamu tidak mampu membiarkannya begitu saja. Kamu perlu mengobatinya ke dokter dan menyantap ongkos yang tak sedikit. Sangat membuat sakit kepala, bukan?

Maka dari itu, untuk menghalangi hal tersebut, kau mampu mulai mengendalikan pola tidur siang sebaik mungkin, serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua ongkos pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Nah, buat kamu yang belum mempunyai asuransi kesehatan, sekarang dikala yang sempurna untuk mulai memilih asuransi kesehatan terbaik, dan mengajukannya secara online lewat CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi dari aneka macam perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai keperluan dan kesanggupan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com pun sungguh gampang, cepat dan aman alasannya telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Makara, tunggu apalagi? Yuk ejekan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!