0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Pengobatan Makan Timun Untuk Kesehatan Badan, Kulit Dan Rambut

Kabar baik buat kamu pecinta buah timun, pasalnya manfaat makan timun untuk kesehatan aneka macam. Selain menyegarkan, timun juga mampu melindungi badan dari berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis.

Bagi beberapa penduduk , terutama penduduk suku Sunda, timun sering kali dijadikan selaku lalapan yang dimakan dengan sambal.

Tetapi tidak hanya itu, alasannya adalah timun juga sering dipakai sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis makanan, mirip salad, acar dan lain sebagainya.

Buah yang mempunyai nama ilmiah Cucumis Sativus L ini juga kadang kala dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit. Hal tersebut dikarenakan, kandungan yang dimiliki timun mampu menyegarkan dan menenangkan kulit muka.

Maka dari itu, tidak heran apabila timun banyak dipakai sebagai materi di beberapa produk skincare, mulai dari pembersih muka, masker, lotion paras , sunscreen, dan lain sebagainya.

Kandungan Nutrisi Timun

Sebelum membicarakan lebih jauh wacana faedah makan timun untuk kesehatan, ada baiknya kamu mengenali terlebih dulu kandungan yang dimiliki timun itu sendiri. Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu, jikalau timun memiliki kandungan air yang tinggi.

Tetapi disamping itu, timun juga sejatinya mengandung banyak sekali vitamin dan mineral, yang bagus untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja kandungan yang dimiliki timun? Berikut ialah kandungan gizi yang dimiliki timun di setiap 100 gramnya.

  • Air sebanyak 95,23g
  • Karbohidrat sebanyak 3,63g
  • Protein sebanyak 0,65g
  • Lemak sebanyak 0,11g
  • Gula sebanyak 1,67g
  • Serat sebanyak 0,5g
  • Kalori sebanyak 15kkal
  • Vitamin B1 (Thiamine) sebanyak 0,027mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,033mg
  • Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0,098mg
  • Vitamin B5 (Pantothenic acid) sebanyak 0,259mg
  • Vitamin B9 (Folat) sebanyak 7µg
  • Vitamin C sebanyak 2,8mg
  • Vitamin K sebanyak 16,4µg
  • Potasium sebanyak 147mg
  • Zat Besi sebanyak 0,28mg
  • Kalsium sebanyak 16mg
  • Fosfor sebanyak 24mg
  • Sodium sebanyak 2mg
  • Magnesium sebanyak 13mg
  • Seng (Zinc) sebanyak 0,2mg
  • Kalium sebanyak 136mg

Semua kandungan nutrisi tersebut akan kamu peroleh setiap menyantap satu buah timun. Tetapi untuk memaksimalkan nutrisi yang didapat, kau bisa pribadi memakannya tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Sebab, mengupas kulit timun hanya akan meminimalisir jumlah serat, vitamin dan mineral tertentu.

(Baca Juga: Manfaat Infused Water Lemon)

Manfaat Makan Timun untuk Kesehatan

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengenali apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki timun, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui faedah makan timun untuk kesehatan badan.

Karena pada dasarnya, faedah makan timun untuk kesehatan sungguh banyak. Bahkan tidak cuma untuk kesehatan badan saja, namun timun juga menawarkan faedah untuk kesehatan dan keelokan tampang.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum 10 faedah makan timun untuk kesehatan, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak gotong royong, yuk!

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat makan timun untuk kesehatan yang pertama ialah mempertahankan berat tubuh supaya tetap ideal. Hal itu dikarenakan, timun memiliki kulit berserat, yang diandalkan bisa mempertahankan berat tubuh tetap ideal dan sehat.

Tidak hanya itu, kandungan kalori yang dimiliki timun pun cukup rendah, ialah sekitar 15kkal. Dengan begitu, memakan timun tidak akan mengakibatkan berat badanmu naik drastis seketika.

Tingginya kandungan air yang dimiliki timun juga membuat kamu merasa lebih cepat kenyang dikala mengkonsumsinya. Hal ini yang nantinya akan membuatmu lebih mengatur asupan makanan semoga tidak berlebih.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dengan menyantap timun, kamu ternyata bisa menurunkan kadar gula darah, loh. Manfaat makan timun untuk kesehatan ini, terlihat dari sebuah observasi yang dikeluarkan oleh Journal of Scientific Research.

Dalam jurnal tersebut, penelitian dikerjakan dengan cara menunjukkan beberapa potong timun kepada sekelompok tikus diabetes. Dari derma timun tersebut didapatkan hasil, bahwa tikus-tikus yang mengkonsumsi lebih banyak timun, kadar gula darahnya sukses turun dibandingkan tikus yang yang lain.

Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan kalau timun mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, penelitian yang lain juga dilakukan menggunakan tabung reaksi, untuk mengenali khasiat timun bagi kesehatan.

Dari observasi yang dijalankan ditemukan hasil, jika timun bisa menghemat stres oksidatif yang berafiliasi dengan komplikasi penyakit diabetes.

Meski begitu, observasi terkait timun yang satu ini masih perlu dilakukan penelitian lanjutan. Sebab, faedah makan timun untuk kesehatan yang didapat dari penelitian ini, gres sebatas percobaan pada binatang saja.

3. Mencegah Kanker

Berikutnya, kamu juga bisa menangkal risiko kanker dengan makan timun secara berkala . Kandungan polifenol atau lignan yang dimiliki timun, dinilai mempunyai potensi untuk mencegah dan menghemat risiko kanker, serta penyakit kardiovaskular lainnya.

Kemudian, kandungan nutrisi cucurbitacins yang dimiliki buah timun pun bersifat antikanker. Hal itu terbukti dari acara cucurbitacins, yang secara efektif mampu menghalangi kelangsungan hidup sel kanker.

Bagaimana, faedah makan timun untuk kesehatan yang satu ini telah tidak perlu disangsikan lagi, bukan?

4. Membuat Tubuh Terhidrasi

Selain tiga faedah di atas, kamu juga mampu makan timun untuk menciptakan badan menjadi lebih terhidrasi. Manfaat makan timun untuk kesehatan yang satu ini mampu kamu rasakan, alasannya timun sendiri memiliki kandungan air yang cukup tinggi, adalah sekitar 9,23g.

Oleh alasannya adalah itu, timun sangat efektif dalam membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi, dengan menyanggupi sebagian besar keperluan cairan harian tubuh yang diharapkan. Hidrasi sendiri memperlihatkan dampak untuk banyak hal, mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme badan.

5. Menangkal Risiko Penyakit Neurologis

Manfaat makan timun untuk kesehatan badan yang kelima yaitu menghalangi risiko penyakit neurologis. Seperti yang dimengerti, penyakit neurologis ialah penyakit yang menyerang tata cara saraf insan, baik tata cara saraf sentra maupun periferal.

Timun, mempunyai kandungan fisetin atau zat antiinflamasi yang bisa mempertahankan kesehatan otak. Tidak cuma itu, kandungan fosfor yang dimiliki timun juga sungguh memiliki kegunaan untuk orang-orang yang memiliki penyakit kognitif.

Karena lazimnya , orang yang mempunyai penyakit kognitif kekurangan kandungan fosfor di dalam tubuhnya. Makara, menyantap timun menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal risiko tersebut, serta menciptakan otak menjadi lebih fokus.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ badan yang memiliki peran penting dalam kehidupan insan, sehingga sungguh-sungguh harus dijaga kesehatannya sebaik mungkin.

Kamu bisa menjaga kesehatan jantung dengan olahraga dan mengkonsumsi kuliner sehat, mirip sayur dan buah.

Salah satu buah yang perlu kamu konsumsi yakni timun. Pasalnya, timun mengandung kalium sekitar 136mg per 100 gramnya. Yang mana, kalium ini sungguh bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Sebuah observasi juga menyampaikan, jika orang dengan asupan kalium yang tinggi, kemungkinan besar memiliki tingkat stroke yang lebih rendah dan menghemat risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti misalnya jantung.

7. Mengatasi Bau Mulut

Jika lazimnya kamu mencegah wangi mulut cuma dengan sikat gigi dan berkumur memakai cairan pembersih lisan, maka sekarang kau bisa menangani bau verbal dengan makan timun.

Ya, manfaat makan timun untuk kesehatan yang satu ini dinilai sangat efektif, sebab buah yang satu ini memiliki kandungan air yang sungguh banyak, yang mampu meningkatkan buatan air liur.

Dengan meningkatnya bikinan air liur, maka risiko amis ekspresi pun mampu dikesampingkan, alasannya adalah semua kuman yang ada di dalam mulut menghilang. Seperti yang diketahui, wangi lisan pada dasarnya disebabkan oleh banyaknya kuman yang mengumpul di dalam rongga mulut.

Selain itu, timun juga memiliki kandungan phytochemical yang bisa mempertahankan mulut dari zat-zat berbahaya dan basil. Terlebih, kandungan tersebut juga mampu menciptakan nafas menjadi segar alami.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kunci dari terjaganya kesehatan tulang yakni vitamin K. Timun sendiri mempunyai kandungan vitamin K yang cukup besar, yaitu sekitar 16,4µg. Ini menjadi salah satu faedah makan timun untuk kesehatan yang bisa kau dapatkan, dalam proses pembentukan tulang.

Sebab, jika kau kelemahan kadar vitamin K, maka kamu berisiko untuk terkena osteoporosis, bahkan mengembangkan risiko patah tulang.

Maka dari itu, biar kadar vitamin K dalam badan tercukupi, kamu mampu menyantap timun secara berkala tetapi tidak berlebihan.

9. Mencegah Kerusakan Rambut

Manfaat makan timun untuk kesehatan yang kesembilan adalah mencegah kerusakan rambut. Salah satu jenis kerusakan rambut, yang paling kerap dialami banyak orang yakni rambut rontok.

Hal ini tentu sungguh menyebalkan dan menciptakan sebagian orang acap kali merasa putus asa. Namun sekarang kau tidak perlu cemas, karena kamu bisa mengatasinya dengan timun. Ya, khasiat timun untuk mempertahankan kesehatan rambut dan kulit kepala sudah sangat terkenal.

Kandungan vitamin B2, B3, B5, B6, C, dan biotin yang terdapat dalam timun, memiliki tugas yang sungguh penting untuk mempercepat proses perkembangan rambut. Dengan begitu, rambut yang rontok nantinya akan dengan cepat tergantikan oleh rambut gres.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain menjaga kesehatan rambut, kau juga mampu mencicipi faedah makan timun untuk kesehatan kulit. Hal itu dikarenakan, timun memiliki kandungan vitamin B2 B3, C dan seng yang sudah terbukti mampu jaga kesehatan kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Selain itu, asam caffeic yang terkandung dalam timun juga dinilai mampu melawan iritasi serta peradangan kulit. Sehingga, kulit terhindar dari banyak sekali macam kemungkinan risiko kerusakan maupun gejala penuaan.

Efek Samping Makan Timun

Banyaknya faedah yang diberikan timun, mungkin membuat kamu ingin secepatnya mengkonsumsinya. Tetapi hati-hati, jangan sampai kau mengkonsumsinya secara berlebihan.

Alih-alih menerima segudang keuntungannya, kau justru malah menerima imbas samping yang mau membahayakan kesehatan tubuh.

Memang, apa saja efek samping yang hendak muncul apabila mengkonsumsi timun secara berlebihan?

  • Perut menjadi kembung
  • Rasa nyeri di ulu hati
  • Alih-alih menciptakan tubuh lebih terhidrasi, kamu justru akan kehilangan banyak cairan, sebab timun memiliki sifat diuretik
  • Kelebihan kadar vitamin C
  • Terganggunya kesehatan jantung
  • Sering bersendawa
  • Cairan dalam tubuh menjadi tidak sebanding
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: 10 Manfaat Buah Gandaria)

Semua efek samping tersebut dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, dewasa, orang remaja hingga lansia sekalipun. Oleh alasannya adalah itu, kamu perlu mengendalikan acuan konsumsi timun supaya tidak berlebihan, untuk menangkal kemungkinan timbulnya efek samping.

Sebab, kalau sudah terkena salah satu dari imbas samping tersebut, maka kau perlu mengonsumsi obat-obatan untuk mengobatinya. Tidak hanya itu, di kondisi terparahnya pun kau perlu melakukan pengobatan khusus ke dokter.

Dengan demikian, biaya yang mesti kamu keluarkan pasti tak sedikit. Namun kamu tidak perlu cemas, sebab kau mampu mengatasinya dengan asuransi kesehatan.

Pasalnya, asuransi kesehatan dapat menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, segera olok-olokan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kau pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sungguh mudah, cepat dan kondusif alasannya adalah telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk ejekan kini!