0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Pengobatan Kerang Hijau, Mulai Dari Mengatasi Nyeri Sampai Memperlambat Penuaan

Mungkin di antara kau masih ada yang belum mengetahui tentang manfaat kerang hijau. Padahal apabila ditelusuri, manfaat dari kerang hijau ini sama sekali dilarang dianggap remeh begitu saja.

Terutama di restoran seafood, kerang hijau memang ialah salah satu yang paling kerap kita temui.

Dengan tekstur yang kenyal dan opsi bumbu yang membangkitkan selera, tentunya tak jarang kuliner ini kerap kali dijadikan selaku masakan bahari favorite. Akan tetapi, nyatanya kerang hijau tak hanya nikmat untuk dimakan, namun juga sangat bagus bagi kesehatan badan.

Kandungan Nutrisi yang Terdapat di Kerang Hijau

Kerang hijau kaya akan kandungan nutrisi dan zat gizi mikro nya. Selain mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, nyatanya kuliner ini juga dianggap selaku sumber protein rendah lemak. Dilansir dari sehatQ.com, di dalam 100 gram kerang hijau, mempunyai kandungan yakni yakni:

  • Protein: 17,7 gram
  • Lemak: 2,9 gram
  • Karbohidrat: 3,9 gram
  • Kalsium: 163 miligram (mg)
  • Zat Besi: 10,3 gram
  • Zinc: 1,5 gram
  • Vitamin A: 38,7 mikrogram (mcg)
  • Vitamin B12: 19 mikrogram
  • Vitamin E: 0,74 miligram

Manfaat Kerang Hijau

Karena kandungan nutrisinya tersebut, maka tidak aneh kalau makanan bahari satu ini memang memiliki faedah yang sangat luar biasa bagi badan.

Dilansir dari banyak sekali sumber, berikut beberapa manfaat kerang hijau yang tidak boleh kita remehkan begitu saja, ialah yakni:

1. Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan badan yang bagus sejatinya mampu melawan sejumlah penyakit berbahaya, mirip menghalangi timbulnya sel kanker, kuman bisul, serta radikal bebas.

(Baca Juga: Jenis-jenis Alergi Pada Kulit)

Nah, salah satu faedah kerang hijau yang mungkin masih kurang dikenal yakni, bahwa kuliner ini bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ketika menyantap kerang hijau, maka sifat anti-bakterinya akan merangsang pengembangan antibodi yang membantu dalam menangkal berbagai risiko berbahaya di dalam tubuh.

2. Mengurangi Gejala yang Ditimbulkan oleh Asma

Bagi yang memiliki penyakit asma, faedah kerang hijau satu ini sepertinya perlu dikenali. Berdasarkan suatu penelitian oleh Emelyanov, dkk, kerang hijau terbukti mampu menolong dalam melancarkan pernapasan serta meminimalisir terjadinya tanda-tanda-tanda-tanda yang ditimbulkan dari penyakit asma.

3. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat kerang hijau selanjutnya adalah untuk menangani nyeri sendi. Biasanya, keadaan ini acap kali dialami oleh orang lanjut usia alasannya keadaan tulang yang sudah mulai rapuh.

Maka dari itu, dengan mengkonsumsi kuliner yang kaya akan kalium, dianggap bisa mengembangkan kepadatan tulang serta menghalangi terjadinya risiko penyakit yang bekerjasama dengan usia.

Ahli gizi menyarankan untuk memasukkan kerang hijau ke dalam menu diet, karena mampu memperkuat persendian serta melawan peradangan.

Sehingga, hal tersebut juga berpeluang untuk menolong dalam mengurangi duduk perkara sendi yang berkaitan dengan usia pula, mirip radang sendi.

Nah, hal ini juga berhubungan dengan penyakit osteoarthritis, ialah sebuah keadaan peradangan kronis pada sendi yang diakibatkan oleh kerusakan pada tulang beresiko.

Terdapat sekitar empat penelitian tentang imbas kerang hijau pada pasien pengidap osteoarthritis, yang mana menandakan bahwa konsumsi kerang hijau sebagai terapi pendukung selain mengkonsumsi obat-obatan ternyata bisa mengurangi rasa sakit serta menawarkan kenaikan fungsi sendi.

Tak cuma itu, kerang hijau juga secara signifikan dapat meminimalisir imbas tidak nyaman pada perut yang diakibatkan dari penggunaan obat anti nyeri yang acap kali disantap oleh pasien osteoarthritis.

4. Mengurangi Gejala yang Ditimbulkan dari Rematik

Manfaat kerang hijau selanjutnya ialah mampu menghemat rasa sakit pada orang-orang yang menderita rematik.

Dikenal juga sebagai rheumatoid arthritis, penyakit ini terjadi alasannya adanya pembengkakan di sendi, sehingga membuat sendi menjadi kaku.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kerang hijau berfaedah untuk meminimalkan kekakuan pada sendi untuk orang-orang yang menderita rematik.

5. Memperlambat Proses Penuaan

Salah satu manfaat kerang hijau yang pastinya dicari oleh siapa saja, ialah mampu memperlambat proses penuaan.

Sebab, kuliner maritim ini mengandung asam lemak omega-3 dan 6, yang mana keduanya ialah nutrisi yang diharapkan dalam menjaga kesehatan.

Bahkan, kita dapat mengobati banyak sekali jenis penyakit, baik itu besar maupun kecil, cuma dengan menggabungkan asam lemak omega-3 dan 6 lho.

Kandungan ini dianggap memiliki kesanggupan dalam mencegah aspek-faktor yang berkontribusi pada penuaan dini, yang juga bisa merusak organ tubuh sebagai alhasil.

Terdapat sejumlah hal yang bisa berisiko pada penuaan dini, mirip kebiasaan merokok, terlalu sering memakan masakan olahan, radikal bebas dalam badan, dan lain-lain.

6. Menurunkan Risiko Peradangan

Selain ikan-ikanan yang memang sudah populer dengan kandungan omega-3 nya yang tinggi, kuliner maritim yang lain yang juga memperlihatkan asam lemak esensial yang cukup banyak ialah kerang hijau.

Seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang ialah bentuk dari omega 3 dan terdapat di dalam kerang hijau.

Dengan memakan kerang hijau, kita mampu menjaga tingkat jaringan asam lemak omega 3 di dalam tubuh yang tentunya sangat bagus bagi kesehatan.

Selain itu, sejumlah observasi juga menerangkan bahwa asupan omega-3 yang tinggi dapat membantu dalam menurunkan tingkat peradangan, termasuk pada pasien penderita jantung, diabetes, dan obesitas.

7. Meningkatkan Kualitas Kulit

Manfaat kerang hijau selanjutnya yaitu untuk meningkatkan mutu kulit. Kita tidak boleh mengabaikan peluangradikal bebas yang membahayakan.

Sebab, selain memiliki dampak pada kesehatan, radikal bebas ternyata juga mampu menjadikan depresi oksidatif pada badan, termasuk kulit.

Stress oksidatif ini mampu menghancurkan sel-sel dan jaringan kulit yang pada kesudahannya mampu mengakibatkan keriput dini, hadirnya garis-garis halus, serta kulit yang kendur.

Oleh alasannya adalah itu, kita mampu mengatasinya dengan mengkonsumsi kerang hijau. Nutrisi-nutrisi yang terdapat di dalam makanan maritim ini dianggap sungguh efektif dalam meremajakan sel-sel kulit yang rusak.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Otak

Selain kaya akan asam lemak omega-3, kerang hijau juga mengandung vitamin B12 yang tinggi.

Akibatnya, kombinasi antara dua zat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
Tak cuma itu, omega-3 dan vitamin B12 ternyata turut memberikan dampak positif pada kesehatan otak semoga menjadi lebih sehat.

Beberapa observasi telah mengambarkan bahwa kekurangan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 bahkan mampu menimbulkan problem dalam perkembangan otak.

Oleh alasannya adalah itu, menawarkan asupan tubuh dengan kedua zat tersebut sangatlah baik untuk menjaga organ yang sangat penting di dalam tubuh, ialah jantung dan otak.

9. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Khususnya perempuan, rambut ialah mahkota paling berharga. Rambut sehat memang diandalkan mampu mengembangkan tampilan secara keseluruhan, dan inilah yang menjadi salah satu manfaat kerang hijau yang perlu diketahui.

Pada dasarnya, kesehatan rambut sungguh bergantung pada dua komponen, adalah kulit kepala yang sehat dan makanan yang bergizi.

Nah, kulit kepala yang sehat juga akan memperkuat folikel rambut yang mendorong pertumbuhan rambut.

Sementara itu, pembatasan makanan yang sepadan justru akan memfasilitasi proses tersebut dengan tunjangan dari vitamin dan mineral.

Perlu diketahui bahwa kerang hijau merupakan gudangnya dari beberapa zat penting, mirip kalium, protein, dan asam lemak omega-3 dan 6.

Sehingga, memakan kerang hijau sudah terperinci mampu meningkatkan kemajuan rambut dalam era waktu yang condong singkat. Berniat mencoba?

10. Membantu Mencegah Terjadinya Anemia

Manfaat kerang hijau yang mau kita bahas terakhir adalah untuk menolong mencegah terjadinya anemia.

Anemia itu sendiri merupakan sebuah keadaan dimana seseorang akan mengalami kelemahan sel darah merah yang sehat di dalam darahnya.

Akibatnya, sang penderita bisa pertanda sejumlah tanda-tanda tertentu, seperti merasa lelah, kulit pucat atau kekuningan, pusing, sakit dada, tangan dan kaki yang hambar, pusing, sampai sesak napas.

Penyakit anemia ini sebenarnya tidak bisa disembuhkan secara total, namun mampu dicegah agar penderita tidak mengalami tanda-tanda.

Nah, salah satu cara yang mampu menangani masalah kesehatan ini ialah dengan memastikan asupan nutrisi yang mampu memajukan buatan sel darah merah.

Kerang memiliki beberapa mikronutrien yang mampu menangkal terjadinya anemia, yakni vitamin B12 dan zat besi.

Zat besi ini sangat diharapkan untuk berbagai proses metabolisme serta mempunyai tugas penting di dalam transportasi oksigen dalam darah.

Bahaya Kerang Hijau yang Harus Diperhatikan

Walaupun faedah kerang hijau sangatlah baik bagi kesehatan, akan tetapi kau juga perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi salah satu makanan maritim ini.

Menurut Dr. Ir. Etty Riani, seorang pendidik dan peneliti dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB, Bogor, mengungkapkan bahwa kerang merupakan salah satu organisme laut yang tahan banting.

Kerang ini merupakan kelompok mollusca, yakni binatang lunak yang diapit cangkang keras serta tidak memiliki organ hati untuk menghancurkan benda asing, termasuk racun yang masuk ke dalam tubuhnya.

Akibatnya, semua benda asing ditampung di dalam dagingnya tanpa di filter atau disaring terlebih dahulu.

Nah, dalam hal ini, kerang hijau menjadi salah satu jenis kerang yang paling tahan kepada polutan asing tersebut. Sebab, kerang ini bisa bertahan hidup dan bersifat selaku filter feeder atau penyaring layaknya vacuum cleaner.

Sehingga, kerang hijau tak hanya mampu menyerap makanan seperti plankton, namun juga hal-hal apa saja yang berada di sekitarnya, tergolong logam berat yang berbahaya.

Oleh alasannya itu, apabila kamu terlalu sering mengkonsumsi kerang-kerang yang telah tercemar ini, bukannya tidak mungkin justru mampu menyebabkan risiko penyakit mematikan, mirip kanker.

Akan tetapi, pasti kamu tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mengkonsumsinya kok, asalkan dipilih dan dimasak secara sempurna.

Selain itu, ada beberapa risiko dan imbas samping yang lain yang harus diamati saat mengkonsumsi kerang hijau, ialah yakni:

  • Alergi Kerang

Alergi kuliner bahari tampaknya ialah kondisi yang cukup lazim dialami oleh masyarakat, yang mana sebagian besar timbul dari konsumsi golongan Crustacea, mirip kepiting dan udang.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada pula orang yang mempunyai alergi kepada kerang, seperti kerang hijau.

Maka dari itu, jika kau memiliki riwayat alergi masakan maritim yang cukup parah, ada baiknya kamu juga mesti waspada dengan kerang hijau.

  • Keracunan Makanan

Selain mampu berbahaya bagi penderita alergi masakan laut, kerang juga merupakan salah satu penyebab paling lazim dari keracunan kuliner.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kerang hijau merupakan salah satu jenis hewan maritim yang tahan banting dan bersifat selaku penyaring. Oleh sebab itu, kamu juga mesti waspada dalam memilih dan mengolahnya.

Cara terbaik untuk menyingkir dari risiko ini adalah dengan membeli kerang di daerah yang higienis dan terpercaya. Pastikan juga bahwa kerang sudah matang sepenuhnya sebelum disantap.

Kaprikornus, itulah beberapa manfaat kerang hijau bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Meskipun bisa dijadikan selaku salah satu obat alami, tetapi kita juga tidak mampu mengabaikan bahayanya begitu saja.

(Baca Juga: Makanan Terbaik untuk Penderita Kanker)

Oleh alasannya adalah itu, memang penting sekali untuk memperhatikan kawasan dimana kau membeli kerang dan bagaimana cara mengolahnya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk turut mengkonsumsi buah dan sayur sebagai tambahannya.
Nah, sebagai bentuk perlindungan luarnya, kamu mampu lho melengkapi diri dengan asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Sebab, selain kamu bisa melaksanakan perbandingan tentang jenis-jenis asuransi yang paling dibutuhkan dan mampu diadaptasi kemampuan dalam membayar premi, CekAja.com juga memperlihatkan kemudahan pengajuan yang sepenuhnya dijalankan secara online.

Sehingga, kamu tidak perlu lagi repot meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Kaprikornus, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan nikmati berbagai keuntungannya.