0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Pengobatan Jahe Merah Penting Hanya Bisa Dicicipi Sebagian Kalangan

Sebagian besar orang mungkin telah tahu apa saja manfaat jahe merah. Jenis tumbuhan yang satu ini, kerap kali dipakai selaku bahan gabungan pengerjaan minuman, mirip wedang jahe. Hal tersebut dikarenakan, jahe merah bisa menawarkan rasa hangat pada badan. Namun tidak cuma itu, jahe merah masih memiliki segudang manfaat yang lain, yang pada peluang ini akan CekAja.com ulas secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama.

10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Perbedaan antara Jahe Merah dan Jahe Putih

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang manfaat jahe merah, ada baiknya kalau kamu mengetahui apalagi dahulu perbedaan jahe merah dengan jahe lainnya.

Hanya saja, dalam pembahasan kali ini CekAja.com akan memakai jahe putih selaku perbandingannya.

Adapun perbedaan antara jahe merah dan jahe putih, mirip yang dilansir dari halodoc. dan telah ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim di antaranya, ialah:

Jahe Merah

  • Rasa pedas yang diberikan lebih berpengaruh
  • Mengandung lebih banyak minyak atsiri, zat oleoresin, gingerol dan zingeron
  • Aman dikonsumsi ibu hamil
  • Mengurangi mual dan muntah
  • Menjaga kesehatan jantung

Jahe Putih

  • Rasa pedas yang diberikan wajar
  • Mengandung gingerol yang mampu menghalangi semua jenis nanah
  • Meningkatkan fungsi otak dan mencegah Alzheimer
  • Meredakan nyeri otot
  • Memiliki zat yang efektif melawan kanker

(Baca Juga: Tips Praktis Menanam Jahe Merah)

Siapa Saja Orang yang Boleh Mengkonsumsi Jahe Merah?

Jika berbicara perihal siapa saja yang boleh memakan jahe merah, sebenarnya siapa saja boleh mengkonsumsinya.

Hanya saja, ada beberapa kalangan orang yang semestinya tidak memakan jahe merah, yang di antaranya yaitu:

Ibu hamil

Ibu hamil dihentikan memakan jahe merah alasannya adalah dapat mengakibatkan kontraksi uterus. Selain itu, jahe juga dinilai dapat menurunkan absorpsi vitamin dan zat besi dalam lemak pada ibu hamil.

Orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan

Meski faedah jahe merah sungguh banyak, tetapi nyatanya orang yang sedang menyantap obat-obatan tidak boleh untuk mengkonsumsi jahe merah. Hal tersebut dikarenakan, jahe merah mampu mengusik efektivitas kinerja sebuah obat.

Seperti misalnya antasida. Orang yang sedang memakan obat antasida, hanya akan memperburuk keadaan lambungnya, kalau orang tersebut juga mengkonsumsi jahe merah.

Pasalnya, jahe merah akan merangsang bikinan asam di lambung, berlawanan dengan fungsi dari antasida sendiri, yakni untuk menghilangkan kadar asam pada lambung.

Penderita kerikil empedu

Selain dua kalangan di atas, penderita batu empedu juga ternyata tidak mampu merasakan manfaat jahe merah, karena dihentikan untuk mengkonsumsinya.

Bagaimana tidak, jahe merah pada dasarnya cuma akan merangsang produksi empedu. Sehingga, jikalau penderita kerikil empedu menyantap jahe merah, itu cuma akan memperburuk kondisi saja.

Penderita gangguan darah

Penderita gangguan darah tidak mampu mengkonsumsi jahe merah, alasannya dapat mengembangkan risiko pendarahan.

Sebab, orang-orang yang menderita gangguan darah, umumnya menjalani pengobatan yang ditujukan untuk memperlambat pembekuan darah.

Penderita peradangan usus dan abses

Golongan yang terakhir adalah para penderita peradangan usus dan jerawat. Golongan yang satu ini sama mirip dengan empat kelompok di atas, yang juga tidak mampu merasakan manfaat jahe merah, alasannya hanya akan menyumbat usus dan memperburuk peradangan.

10 Manfaat Jahe Merah

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui perbedaan jahe merah dan jahe putih, beserta orang-orang yang boleh menyantap jahe merah.

Maka di pembahasan kali ini, kamu akan mengetahui apa saja manfaat jahe merah bagi kesehatan.

Oleh alasannya itu, di bawah ini CekAja.com sudah merangkum 10 manfaat jahe merah, yang di antaranya akan diulas sebagai berikut.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan Kadar Kolesterol - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Manfaat jahe merah yang pertama, yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang dimengerti, jahe merah mampu merusak kolesterol jahat dalam tubuh atau yang juga diketahui dengan LDL lipoprotein.

Dengan begitu, menyantap jahe merah dapat menghalangi timbulnya kolesterol tinggi. Selain itu, bagi penderita kolesterol tinggi, mengkonsumsi jahe merah juga mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam badan.

2. Mengurangi Sakit Kepala

Mengurangi Sakit Kepala - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Jika kau menderita pusing, kamu bisa meredakannya dengan memakan jahe merah.

Pasalnya, flora satu ini memiliki kandungan yang berguna untuk meredakan pusing. Terlebih, cita rasa pedas yang dihasilkan jahe merah bisa menghangatkan badan.

Sehingga, jahe merah sungguh efektif untuk dimakan ketika kamu sedang mengalami sakit kepala.

Caranya, yaitu dengan memasukkan beberapa ruas jahe merah ke dalam rebusan air. Lalu, sesudah beberapa menit, kau mampu meminum air rebusan jahe tersebut sebagai obat untuk mengurangi pusing.

3. Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Lambung

Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Lambung - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Manfaat jahe merah yang berikutnya ialah mampu melancarkan pencernaan dan mempertahankan kesehatan lambung. Sebab, jahe merah diandalkan mampu menjaga kadar asam dalam lambung tetap stabil.

Dengan mengkonsumsi jahe merah secara berkala di pagi hari, para penderita nantinya tidak lagi mencicipi mual-mual dan muntah.

Selain itu, jahe merah juga mampu mengobati luka pada lambung, bengkak dan berbagai jenis gangguan pencernaan, seperti seperti sembelit.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Rasanya telah menjadi diam-diam biasa , kalau orang yang mengkonsumsi jahe merah memiliki daya tahan badan yang lebih kuat dari orang-orang yang lain.

Manfaat jahe merah yang satu ini telah terbukti, karena dinilai mampu melawan basil dan virus.

Dengan demikian, jahe merah sangat sesuai untuk dijadikan konsumsi berkala . Khususnya bagi kamu yang sistem kekebalan tubuhnya rendah, mampu coba mulai menyantap jahe merah untuk memajukan daya tahan badan, biar tidak mudah terserah penyakit.

5. Melegakan Tenggorokan

Melegakan Tenggorokan - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Manfaat jahe merah yang kelima ialah mampu melegakan tenggorokan. Sehingga, bagi kamu yang sedang menderita sakit batuk atau radang tenggorokan, menyantap jahe merah menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba.

Kamu cukup mengolahnya dengan cara direbus, lalu meminumnya saat masih hangat. Sebab, saat diminum kau akan mencicipi sensasi panas dari jahe merah, yang dapat melegakan tenggorokan.

Tidak hanya itu, senyawa flavonoid yang terkandung pada jahe merah juga mempunyai sifat anti peradangan, yang bisa menawar rasa gatal penyebab batuk dan radang tenggorokan.

6. Meredakan Sesak Napas

Meredakan Sesak Napas - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Tentu menjadi hal yang sungguh mengusik kalau kau menderita sesak napas. Hal itu biasanya terjadi alasannya adanya gangguan pada saluran pernapasan, baik disebabkan oleh suatu penyakit maupun adanya nanah yang terjadi di susukan pernapasan.

Namun kamu tidak perlu khawatir bila hal tersebut terjadi. Karena, kau mampu mengatasinya dengan cara memakan jahe merah.

Pasalnya, kandungan minyak atsiri yang dimiliki jahe merah bisa melegakan saluran pernapasan.

7. Menurunkan Risiko Jantung

Menurunkan Risiko Jantung - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Manfaat jahe merah yang ketujuh yakni mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Karena seperti yang diketahui, salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung yaitu tingginya kadar kolesterol trigliserida dalam tubuh.

Maka dari itu, untuk mencegah kemungkinan terkena penyakit jantung, kamu bisa memakan jahe merah secara berkala setiap harinya, baik dalam bentuk olahan kuliner maupun minuman.

8. Mengatasi Rematik

Mengatasi Rematik - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Kandungan flavonoid yang dimiliki jahe merah, nyatanya juga bisa menangani rematik. Seperti yang diketahui, rematik ialah suatu penyakit yang disebabkan oleh otot atau persendian yang infeksi sebab mengalami peradangan.

Kamu bisa mengobati rematik tersebut, dengan cara memakan jahe merah secara berkala . Setelah itu, rasa sakit yang terjadi di beberapa sendi dan otot balasan rematik perlahan akan menyusut.

9. Menangkal Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Manfaat jahe merah yang kesembilan adalah bisa menghalangi radikal bebas. Di mana, radikal bebas sendiri ialah salah satu aspek penyebab penyakit kronis, mirip jantung, kanker, tumor dan lain sebagainya.

Kamu bisa menerima radikal bebas dari mana saja, mulai dari asap rokok, radiasi, polusi udara, makanan dan minuman yang disantap, sampai paparan sinar matahari.

Untuk itu, salah satu upaya yang mampu kau kerjakan untuk mencegah atau menangani radikal bebas yaitu dengan mengkonsumsi jahe merah.

10. Menjaga dan Menurunkan Bobot Tubuh

Menjaga dan Menurunkan Bobot Tubuh - 10 Manfaat Jahe Merah Ini Hanya Bisa Dinikmati Sebagian Golongan

Manfaat jahe merah yang terakhir yaitu mempertahankan dan menurunkan bobot tubuh. Jika kamu mengkonsumsi jahe merah, maka nafsu makan mu mampu terkontrol. Hal itu dikarenakan jahe merah dapat memperlihatkan rasa kenyang yang tahan usang.

Selain itu, sensasi pedas yang diberi