0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Oli Mobil dan Motor Beroda Empat Terbaik Penting Bikin Mesin Infinit Dan Gak Mudah Rusak

Sebelum berbelanja oli kendaraan beroda empat, tentukan kau memilih oli mobil terbaik yang cocok dengan karakteristik dan keperluan mobilmu. Pasalnya, menentukan oli kendaraan beroda empat terbaik menjadi salah satu cara yang harus dijalankan, untuk merawat mesin mobil semoga tahan usang dan tidak gampang rusak.

Dengan kondisi mesin yang baik, maka kendaraan beroda empat akan handal untuk dipakai di segala kondisi, alasannya mempunyai penampilan tarikan yang sangat bagus.

Maka dari itu, agar kendaraan beroda empat mempunyai mesin yang handal, langkah awal yang perlu dilakukan yakni memilih oli mobil terbaik, yang cocok dengan spesifikasi mesin.

Nah, untuk tahu lebih terang apa saja daftar oli kendaraan beroda empat terbaik, pada peluang kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kau. Simak bersama-sama, yuk!

Jenis-jenis Oli Mobil

Sebelum membeli oli mobil terbaik, ada baiknya kau ketahui terlebih dahulu jenis oli kendaraan beroda empat apa yang akan kau beli.

Sebab untuk mobil sendiri, ia mempunyai lima jenis oli yang berisikan oli mesin, oli gardan, oli transmisi, oli power steering dan oli rem.

Semua jenis oli mobil tersebut memiliki fungsinya masing-masing, untuk mempertahankan keadaan dan stamina mobil biar selalu baik. Adapun fungsi dari kelima jenis oli mobil itu, di antaranya:

Oli Mesin

Oli mesin merupakan jenis oli kendaraan beroda empat yang berguna sebagai pelumas, untuk mendinginkan mesin kendaraan beroda empat dan meminimalkan ukiran. Untuk menjaga kondisi oli mesin, kamu sebaiknya mengubahnya setiap 5.000 – 10.000 km.

Oli mesin sendiri berisikan berbagai jenis, ialah:

  • Oli semi sintetis, merupakan jenis oli mesin alami yang sudah dicampur dengan bahan viscosity index dan additive, yang biasanya dipakai pada kendaraan beroda empat bermesin sedang, mirip contohnya kendaraan beroda empat penumpang.
  • Oli sintetis, ialah jenis oli mesin yang yang dibuat dari bahan buatan, karena huruf dan kualitasnya diubahsuaikan dengan harapan atau kebutuhan. Oli ini umumnya dipakai pada mobil terbaru dan sport.
  • Oli mineral, merupakan jenis oli mesin alami yang berasal dari perut bumi. Oli ini lazimnya dipakai pada kendaraan beroda empat dengan mesin kerja berat, seperti misalnya diesel.

(Baca Juga: Ciri-ciri Mobil Pernah Terendam Banjir)

Oli Gardan

Jenis oli mobil yang selanjutnya ialah oli gardan. Ini ialah jenis oli yang berfungsi untuk menghubungkan transmisi ke gardan semoga lancar.

Tanda untuk kamu diharuskan mengganti jenis oli ini, adalah dikala kendaraan beroda empat sudah mengeluarkan suara dengung dikala berjalan.

Oli Transmisi

Oli transmisi ialah jenis oli mobil yang dipakai pada tata cara transmisi, untuk memudahkan proses penggantian gigi. Oli transmisi yang dipakai pada kendaraan beroda empat matic dan manual pun berbeda.

Untuk kendaraan beroda empat matic, oli transmisi yang digunakan adalah Automatic Transmission Fluid (ATF). Sementara untuk kendaraan beroda empat manual, jenis oli transmisi yang dipakai ialah oli yang terbuat dari bahan alami, dengan kekentalan di atas SAE 40.

Penggantian oli transmisi untuk mobil matic, sebaiknya dikerjakan ketika sudah mencapai jarak 20.000 km. Sedangkan untuk kendaraan beroda empat manual, oli transmisi semestinya dijalankan penggantian saat sudah meraih jarak 10.000 km.

Oli Power Steering

Oli power steering merupakan jenis oli kendaraan beroda empat, yang berfungsi untuk memudahkanmu dalam memegang kemudi mobil pada saat mengemudi. Untuk bisa mengenali kondisi oli power steering, kau bisa melihat dari warna olinya.

Oli power steering yang wajar umumnya memiliki warna oranye atau mendekati merah muda. Namun kalau oli power steering kendaraanmu berwarna cokelat atau hitam, maka kemungkinan oli power steering sudah tercemar dan kamu harus segera membawanya ke bengkel.

Oli Rem

Jenis oli kendaraan beroda empat yang kelima yakni oli rem. Oli yang lazimnya yang dibuat dari bahan sintetis dengan tingkat kekentalan rendah ini, memiliki kegunaan untuk mengalirkan tenaga tekan yang ada pada pedal, ke kaliper rem.

Oli rem ini semestinya dilaksanakan penggantian, jika sudah mengalami pergeseran warna. Namun, kalau kamu ingin menerima hasil yang maksimal, kamu mampu mengubahnya lebih singkat, yakni dikala kau sudah mencapai jarak sekitar 30.000 km.

Daftar Oli Mobil Terbaik

Setelah mengenali lima jenis oli mobil yang telah diulas di pembahasan sebelumnya, maka sekarang saatnya untuk kau mengenali apa saja oli mobil, yang masuk ke dalam klasifikasi oli mobil terbaik.

Di bawah ini, CekAja.com sudah merangkum 10 daftar oli mobil terbaik yang bisa kau jadikan opsi, yang di antaranya ialah:

1. Castrol Magnatec SAE 10W-40

Oli mobil terbaik pertama yang mampu kamu jadikan opsi adalah Castrol Magnatec SAE 10W-40. Hal tersebut dikarenakan, oli ini mempunyai kandungan molekul pandai yang dapat membersihkan keseluruhan sisi mesin mobil.

Tidak hanya itu, oli kendaraan beroda empat yang satu ini pun bisa melindungi mesin mobil dengan baik selama dipakai, karena oli sudah dilengkapi dengan bahan sintetik murni. Yang mana, materi ini dapat menempel dengan kuat di permukaan mesin dan membentuk lapisan tambahan.

Hanya saja, untuk bisa mempunyai oli Castrol Magnatec SAE 10W-40 ini kamu harus mengeluarkan kocek yang cukup besar. Sebab, oli ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, adalah sekitar Rp360 ribu.

2. Shell Helix HX7

Berikutnya ada Shell Helix HX7 yang menjadi salah satu oli mobil terbaik versi CekAja.com. Bagaimana tidak, oli jenis sintetik ini pasalnya mampu melumasi mesin dengan baik, serta mempertahankan suhu mesin dengan maksimal.

Terlebih, oli ini telah memakai teknologi flexi molecule, yang mampu membersihkan mesin sampai ke sisi-sisi yang sulit dijangkau.

Selain itu, penggunaan teknologi ini pun ditujukan untuk membentuk suatu lapisan, yang mampu melakukan pekerjaan optimal dalam melindungi mesin.

Buat kau yang bermaksud ingin membeli Shell Helix HX7, kau perlu merogoh kocek sekitar Rp200 – Rp300 ribu untuk bisa memiliki oli kendaraan beroda empat terbaik yang satu ini.

3. TOP 1 HP Sport

Di urutan ketiga ada TOP 1 HP Sport. Oli kendaraan beroda empat ini menjadi salah satu oli mobil terbaik, alasannya oli ini memakai bahan dasar 100 persen, yang membuat mesin mobil lebih stabil dan lebih tahan di suhu tinggi.

Kemudian, oli ini juga lebih unggul dari oli mobil yang lain, alasannya adalah bisa digunakan pada spesifikasi kendaraan beroda empat modern dan kendaraan beroda empat LCGC.

Hal itu dikarenakan, TOP 1 HP Sport, sudah melalui standar pabrik dan menyanggupi kriteria internasional tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Committee (ILSAC) GF-5.

Meski begitu, namun harga yang ditawarkan oli ini cenderung murah, yakni sekitar Rp95 – Rp99 ribu per liternya.

Dengan harga tersebut, kamu telah bisa menerima kualitas oli terbaik, di antaranya adalah bisa melindungi mesin sampai sisi yang sulit dijangkau, serta pada situasi serta keadaan jalan yang tidak terduga.

4. Eneos CVT Fluid Asia 1L

Merek oli kendaraan beroda empat yang satu ini mungkin tidak begitu terkenal, jika dibandingkan dengan Castrol dan lain sebagainya.

Namun, oli mobil yang satu ini menjadi oli mobil terbaik se-Asia Tenggara, khusus untuk mesin kendaraan beroda empat dengan tata cara transmisi CVT Metal Belt.

Dengan begitu, untuk kau yang memiliki kendaraan beroda empat dengan tata cara transmisi CVT, kau bisa menimbulkan Eneos CVT Fluid Asia 1L sebagai opsi oli kendaraan beroda empat terbaikmu.

Karena menariknya, oli mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup murah, ialah sekitar Rp150 ribu saja. Bagaimana, tidak menciptakan kantong jebol, bukan?

5. Fastron Gold SAE 4L

Buat kamu yang mencari oli mobil berkualitas baik, Fastron Gold SAE 4L mampu kamu jadikan opsi. Bagaimana tidak, oli kendaraan beroda empat keluaran Pertamina ini telah dilengkapi dengan teknologi nano guard, yang dapat melapisi dan melindungi keseluruhan mesin, sampai ke sisi yang tidak bisa dijangkau.

Fastron Gold SAE 4L ini pun mampu digunakan oleh semua jenis kendaraan beroda empat, dari yang mobil umumatau kriteria sampai mobil premium.

Oleh alasannya itu, karena oli ini mendukung semua jenis mobil, harga yang disediakan pun tidak murah, sebab mewajibkan kamu merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp400 ribu.

6. Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40

Selanjutnya ialah Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40 yang menjadi oli mobil paling baik. Ini dikarenakan, oli kendaraan beroda empat bikinan pabrik asal Benua Biru ini bisa digunakan oleh mobil dengan mesin diesel maupun bensin.

Selain itu, oli ini juga unggul dari oli kendaraan beroda empat yang lain, alasannya bisa melindungi mesin dari kinerja yang berat, serta mampu menjaga suhu mesin supaya tetap stabil di segala kondisi, baik pada dikala suhu tinggi maupun rendah.

Banyaknya keunggulan yang dimiliki oli mobil ini, menciptakan harga jual dari Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40 cukup mahal, yaitu mencapai Rp810 ribu. Meski tergolong mahal, tetapi harga yang ditawarkan seimbang dengan kualitas yang diberikan.

7. Total Quartz 9000 1L

Di urutan ketujuh ada Total Quartz 9000. Oli mobil berkapasitas 1 liter ini, sengaja dibentuk dan diperuntukkan bagi orang-orang yang sering dan bahagia melakukan perjalanan jauh.

Terlihat dari tingkat kekentalannya yang cukup tinggi, yang menciptakan oli ini tetap berfungsi dengan baik walaupun suhu mesin panas dan diberikan beban yang cukup berat.

Tidak hanya itu, oli ini pun bisa menunjukkan lapisan perlindungan mesin secara menyeluruh. Sehingga, kinerja piston pun tetap berlangsung dengan baik dan tanpa gangguan.

Terlebih, oli ini mampu menciptakan mesin lebih tersadar, serta terhindar dari risiko penyumbatan pada mesin.

8. Motul H-Tech 100 Plus

Selain tujuh oli kendaraan beroda empat di atas, Motul H-Tech 100 plus juga menjadi salah satu oli terbaik yang banyak digunakan. Sebagai oli yang menggunakan bahan sintetik, Motul H-Tech 100 Plus mampu menciptakan mobil mempunyai tarikan mesin yang ringan dan lembut.

Hebatnya lagi, oli ini telah menggunakan teknologi ester, yakni teknologi yang lazimnya dipakai pada pesawat.

Teknologi ester ini yang nantinya akan menciptakan mobilmu menjadi makin tahan usang dan handal ketika dipakai di segala kondisi.

Namun perlu dimengerti, jikalau oli Motul H-Tech 100 Plus ini memiliki jangka waktu penggunaan yang relatif pendek, adalah cuma mampu bertahan untuk jarak 2.000 – 5.000 km.

Dengan begitu, kamu harus siap untuk sering mengganti oli mobil dan mengeluarkan anggaran sekitar Rp200 ribu.

9. Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30

Menjadi salah satu oli mobil terbaik para pecinta otomotif, Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30 memiliki kesanggupan bermutu dalam membersihkan mesin hingga ke segi yang tidak mampu dijangkau.

Selain itu, oli mobil ini pun mampu menyebabkan penampilan dapur pacu mempunyai akselerasi yang ringan. Chevron 400 Synthetic SAE 10W-40 juga dapat melindungi mesin mobil secara menyeluruh, semoga mesin dapat bertahan lama dan abadi.

10. STP Synthetic Oil 4L

Oli kendaraan beroda empat terakhir yang mampu kau jadikan opsi adalah STP Synthetic Oil 4L. Oli mobil yang satu ini memiliki kandungan tropical formula, yang sengaja dirancang untuk melindungi mesin kendaraan di kawasan beriklim tropis.

Namun untuk bisa mendapatkan bantuan mesin yang tahan usang, kau pasti harus melaksanakan pemakaian secara terpola.

Dengan melakukan hal ini, kau tidak cuma membuat mesin tahan lama, tetapi juga dapat membuat mesin makin mudah dinyalakan, serta tarikan gas yang lebih lembut dan ringan.

Oli STP Synthetic Oil 4L ini pun dibanderol dengan harga yang tidak terlampau murah, yaitu sekitar Rp300 ribu.

(Baca Juga: Rajin Ganti Oli Bisa Jaga Kesehatan Mesin Motor)

Itulah 10 daftar oli mobil terbaik yang bisa kau jadikan opsi. Semua oli mobil tersebut, nantinya mampu kamu pilih sesuai dengan karakteristik mobil dan kebutuhannya.

Karena dengan menggunakan oli mobil terbaik, maka mesin mobil mampu terjaga lebih baik dan tahan lama.

Tetapi, jika kau ingin menerima perlindungan lebih untuk mobilmu, kamu mampu melindunginya dengan asuransi kendaraan.

Sebab, asuransi kendaraan akan menjamin segala risiko kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraanmu.

Nah, buat kamu yang masih resah ingin memakai asuransi kendaraan apa, jangan cemas. Karena kau mampu mengetahui opsi asuransi kendaraan terbaik, yang cocok dengan kebutuhanmu di CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak opsi produk asuransi kendaran, yang mampu kau pilih sesuai keperluan dan kesanggupan finansial.

Tidak cuma itu, sehabis menemukan asuransi yang tepat, kamu mampu eksklusif mengajukannya secara online dengan gampang, cepat dan aman, sebab CekAja.com telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kaprikornus, buat kamu yang belum memiliki asuransi kendaraan, tunggu terlebih? Yuk ejekan kini d CekAja.com dan peroleh dukungan kendaraan yang maksimal!