0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Menu Masakan Murah Dan Menyehatkan, Gampang Banget!

Banyak persoalan kesehatan timbul karena dipicu acuan makan dan jenis kuliner yang dimakan. Inilah yang terjadi selesai akhir ini dan menjadi salah satu penyebab banyak penyakit yang dulu menyerang orang dengan usia lanjut, kini menyerang anak muda. Misalnya saja, dulu kolesterol berlebih atau diabetes cuma diidap oleh orang tua, namun kini kolesterol dan diabet pun banyak diderita anak muda. Hal ini terperinci alasannya adalah acuan makan dan jenis masakan yang dimakan. Lihat saja, minuman instan dengan banyak sekali rasa dan banyak tambahan kini menjadi satu konsumsi harian anak anak muda, hobi kuliner pun menjadi satu gaya hidup yang kini sedang demam isu.

makanan murah dan menyehatkan

Makanan tidak sehat memang kerap kali lebih gampang diakses dan lebih hemat biaya daripada alternatif makanan sehat. Sayangnya, justru masakan inilah yang menciptakan kita tidak sehat dan keunggulan berat tubuh, menimbulkan segala jenis problem medis yang sangat mahal di akibatnya. Banyak sekali yang menyampaikan bahwa masakan menyehatkan itu mahal? Padahal tidak juga loh. Ada banyak kuliner murah dan menyehatkan.

(Baca Juga: Alamat Wisata Kuliner di Jakarta yang Ramah Anak)

Makanan sehat berisikan sayur mayur yang banyak vitamin dan mineral, ikan dan telur yang mengandung protein tinggi dan rendah kolesterol. Tapi bicara soal sayur pasti banyak orang yang tidak senang memakannya. Banyak argumentasi yang menciptakan mereka tidak menyukai sayur. Mayoritas menyampaikan bahwa rasa sayur itu tidak enak dan hambar. Padahal jika tahu cara mengolah sayur itu mampu menjadi masakan yang lezat dan juga sehat. Selain itu juga alasannya kebiasaan, jika sedari kecil orang renta tak membiasakan memberi makan sayuran pada anak mereka, maka makan sayur menjadi hal yang gila. Karena kita tahu, banyak anak yang sedari kecil cuma diberi makan lauk berbentuktelur, daging, sosis, nugget, ya sejenis kuliner instan lain. Maka ada baiknya sedari kecil orang tua membuat olahan sayur yang mampu dikonsumsi oleh bawah umur, jadi belajar makan kuliner sehat sejak dini akan jauh lebih baik.

Di Indonesia yang populer dengan masakan yang sangat beragam juga mudah sekali memperoleh masakan murah dan menyehatkan. Mengonsumsi kuliner juga termasuk pilihan kita sendiri mau sehat atau tidak. Gaya hidup sehat telah menjadi tren kini ini. Dengan teladan makan sehat pasti mendukung gaya hidup sehat ini. Nah bila kamu sedang menjajal pola hidup sehat dengan mengubah pola makan kamu dengan kuliner murah dan menyehatkan, yuk intip sajian makanan apa saja yang bisa kau makan. Menu masakan murah dan menyehatkan mampu kau jumpai di mana saja atau bisa diolah sendiri loh. Mari kita lihat daftar menunya.

1. Nasi goreng telur

Nasi goreng telur - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makanan murah dan menyehatkan nomor satu yang mudah dibentuk adalah nasi goreng telur. Makanan ini banyak disukai loh. Karena itu harganya murah jika kita membelinya. Tapi bila mau sehat lebih baik masak sendiri saja. Bahannya juga gampang, cukup sediakan nasi putih, bawang merah, bawang putih, cabe dan kemiri, kecap dan telur. Cara memasaknya gampang dan mudah. Tumis bumbu halus yang terisi dari bawang merah, bawang putih, cabe dan kemiri sampai harum. Masukkan nasi dan campur kecapnya. Beri garam secukupnya. Setelah itu mampu disuguhkan dan tambahkan telur mata sapi yang sudah digoreng. Pasti enak dan ingan, gunakanlah minyak gres ketika membuat nasi goreng, dan minimalisir penggunaan penguat rasa macam MSG, dengan begitu nasi goreng akan kian sehat.

2. Gado-gado

Gado-gado - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makan sayur bukan mempunyai arti harus yang mahal-mahal ya. Contohnya kau bisa lihat kuliner gado-gado. Ini yakni salah satu kuliner murah dan menyehatkan yang Indonesia banget. Kalau kau beli harganya tidak hingga Rp 10.000 loh. Mau lebih hemat? Bisa bikin sendiri di rumah. Kamu bisa membeli sayur seperti kubis, kentang, selada, tauge, kacang panjang di pasar supaya murah. Lalu tinggal cari bumbu kacang yang telah siap pakai saja. Cara masaknya? Oh mudah banget. Iris-iris dan rebus sayuran dan kentang. Jika telah masak campurkan semua dengan bumbu kacang yang telah diencerkan dengan sedikit air. Mau tambah sehat? Bisa beri penggalan tahu dan tempe goreng serta telur rebus. Dijamin kau bisa menerima rasa lezat, manfaat sehat dan harga yang murah.

3. Mi goreng

Mi goreng - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Siapa yang tidak kenal dengan mie goreng? Bukan yang mi instan loh ya! Makanan yang satu ini juga termasuk kuliner murah dan menyehatkan. Mie nya bisa kau buat sendiri, atau membeli di kawasan pembuatan mie homemade, saat ini banyak mampu kau jumpai. Biasanya dalam kuliner ini ada suplemen beberapa sayuran dan telur saat dimasak. Meskipun begitu harganya juga murah kok. Kalau kamu ingin memasaknya sendiri juga mudah. Kamu cuma perlu mie yang umum digunakan untuk mie goreng, beberapa sayuran seperti wortel, kubis, daun bawang, sawi dan tauge. Bumbunya juga sederhana. Hanya menggunakan bawang putih, merica, garam dan cabai. Cara masaknya rebus mie apalagi dulu semoga matang dan sisihkan. Haluskan bumbu bawang putih, merica, garam dan cabai. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan potongan sayuran yang kau harapkan dan tunggu hingga layu, gres kemudian mie dimasukkan. Kamu juga bisa berkreasi loh menambah topping untuk mie goreng kau agar lebih sehat.

4. Sup

Sup - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makanan lezat yang murah dan menyehatkan berikutnya adalah sup. Ini sebab sup mengandung banyak nutrisi yang berasal dari aneka sayuran di dalamnya. Bahkan sup ini disarankan untuk dikonsumsi ketika tubuh sedang sakit loh. Nutrisinya yang banyak menciptakan sup juga diminati baik anak kecil maupun orang remaja. Mau masak sup sendiri? Persiapkan bahannya ya! Sediakan berbagai macam sayuran mirip wortel, kentang, kubis, jagung, buncis dan yang lain. Kamu juga mampu menambah ayam atau bakso atau makaroni di dalamnya. Bumbunya juga sederhana ialah bawang putih dan merica yang dihaluskan. Cara memasaknya pertama tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan air dan masukkan semua materi hingga matang. Ingat ya untuk memasukkan materi yang kira-kira keras dan lama matangnya. Nah sup buatan sendiri telah pasti murah dan menyehatkan sebab tanpa pengawet kan?

5. Capcay

Capcay - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Makanan satu ini juga sarat dengan nutrisi karena berisikan banyak sekali macam sayuran. Macam-macam sayurannya ada sawi hijau, bunga kol, sawi putih, wortel, daun bawang. Kamu juga bisa memperbesar ayam atau jamur telinga . Yang khas dari masakan capcay ialah tepung yang digoreng dan di iris tipis kemudian ikut diolah. Bumbunya juga tidak ribet. Hanya bawang puting dan merica ditambah garam. Hampir sama seperti bumbu sup. Cara memasaknya pertama-tama yakni dengan menumis bumbu halus hingga harum dan masukkan sayuran dan komplemen yang lain hingga matang. Kamu bisa mengolah masakan masakan murah dan menyehatkan ini di waktu yang cepat loh. Karena cara memasaknya dan bumbu yang sederhana. Kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi capcay kuah dengan menambah air ya. Pasti pemanis enak!

6. Tempe penyet

Tempe penyet - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Siapa yang tidak senang tempe penyet? Di Indonesia ada berbagai penjual yang memasarkan sajian tempe penyet ini. Tempe sendiri mengandung banyak protein dari kedelai sekitar 20% dari beratnya loh. Makara tempe merupakan masakan murah dan menyehatkan. Kamu cuma perlu menggoreng tempe dan membuat sambal. Membuat sambal bukan hal yang merepotkan bagi orang Indonesia kan? Cukup cabe, garam, bawang merah atau bawang putih dan terasi. Yang pasti ini makanan murah dan menyehatkan. Dan ingat, jangan berlebihan mengonsumsi cabe ya, meski enak, tetapi jika berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan pencernaanmu.

7. Sayur asem

Sayur asem - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Sayur asam menjadi salah satu makanan murah dan menyehatkan. Makanan ini telah menjadi kuliner yang menjadi kuliner rumahan dari dahulu. Nutrisi yang terkandung didalamnya juga menjadi argumentasi kenapa kuliner ini menjadi masakan menyehatkan. Sayur asam terusir dari sayuran mirip labu, kacang panjang, kacang tanah, jagung, dan kubis. Ada rasa asam dari asam Jawa yang disertakan dikala memasaknya. Tinggal rebus semua materi dan tambahkan bumbu halus dari bawang merah, cabai dan garam. Sayur asam ini sungguh pas dicicipi dengan tempe goreng plus sambal, dan juga ikan asin. Menu masakan Indonesia banget ini bahkan akan membuatmu rindu pulang ke rumah ketika kamu ada di tanah rantau.

8. Puding

Puding - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Tidak melulu soal makanan berat atau lauk, kuliner murah dan menyehatkan mampu datang dari dessert loh. Salah satunya puding. Puding ini berasal dari ekstrak rumput bahari yang banyak mengandung serat. Kamu mampu menambahkan bahan apapun untuk memperbesar nilai gizinya. Tapi ingat untuk tidak terlalu banyak memakai gula ya sebab pada umumnya gula juga berisiko untuk kesehatan kita. Jika bisa, gunakan buah yang cantik untuk mencampuri puding, agar rasa cantik itu mampu mengambil alih gula. Misalnya mangga yang dihaluskan, sirsak, jambu biji, atau sari kelapa.

9. Jamur crispy

Jamur crispy - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Jamur ialah bahan kuliner yang menyehatkan loh. Rasanya juga lezat meski beberapa orang tidak menyukainya. Tapi kau mampu menyiasatinya menjadi jamur crispy yang lezat. Makanan murah dan menyehatkan ini gampang banget membuatnya. Kamu hanya butuh jamur tiram yang telah dibersihkan dan di suwir-suwir kemudian campurkan dengan adonan tepung bumbu. Goreng hingga matang dan crispy. Dijamin bukan cuma orang remaja yang suka, pasti anak kecil juga menyukainya. Kandungan nutrisi yang ada di jamur mampu melengkapi kebutuhan nutrisi.

10. Sandwich

Sandwich - Menu Makanan Murah Dan Menyehatkan Mudah Banget

Ingin kuliner murah dan menyehatkan tapi mudah? Bikin saja sandwich. Roti dengan berbagai cuilan sayuran ini cocok untuk sarapan sehat loh. Membuatnya juga mudah asalkan kamu punya roti tawar, sayuran mirip tomat, selada dan timun. Goreng telur lalu sisipkan di antara roti tawar dan tumpukan potongan tomat, timun dan selada. Bisa kamu beri saus atau mayonaise loh semoga tambah enak.

Nah itu dia 10 masakan murah dan menyehatkan yang mampu menjadi opsi kamu. Untuk membuatnya sendiri juga gampang. Kaprikornus saat kau mulai hidup sehat tidak harus mengkonsumsi makanan mahal ya! Karena makanan murah pun ada yang menyehatkan. Selain itu tambah juga dengan olahraga sepekan 2-3 kali untuk selalu mempertahankan kesehatan kamu.