0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Ikan Predator Untuk Peliharaan, Kasar Tapi Menawan!

Menjadikan ikan predator untuk peliharaan memang mempunyai nilai dan gengsi tersendiri. Terlebih sebab belum banyak orang yang berani memelihara ikan predator di tanah air.

10 Ikan Predator untuk Peliharaan, Garang Tapi Menawan!

Selain dari dalam negeri sendiri, banyak sekali ikan predator juga didatangkan dari mancanegara seperti Thailand, Afrika, Amerika dan Tiongkok. Enggak hanya performa yang menawan, gerakan mereka yang kebanyakan berangasan bikin akuarium terlihat lebih hidup.

Jika kau berminat menempatkan ikan pemangsa di akuarium mu, maka kamu perlu menyimak daftar ikan predator untuk peliharaan berikut ini.

1. Ikan Arwana

Ikan Arwana - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Ikan predator untuk peliharaan yang satu ini memang populer dijadikan penghias di akuarium. Warna yang cantik dan rupawan menciptakan banyak orang kadang enggak menyangka bahwa ikan arwana ialah jenis ikan pemangsa.

Ikan yang sudah ada semenjak zaman purba ini bekerjsama tersebar di seluruh dunia, namun ikan arwana asia memiliki ciri tersendiri dengan bentuk badannya yang panjang dan berwarna perak kebanyakan. Ikan arwana bernilai ekonomi tinggi lho! Harganya dibanderol mulai dari 2 hingga 10 juta rupiah.

2. Ikan Red Snakehead

Ikan Red Snakehead - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Dalam bahasa Indonesia, ikan predator untuk peliharaan ini dikenal dengan nama ikan toman. Habitat orisinil Ikan red snakehead ini beredar luas di sebagian besar kawasan Asia Tenggara dari Sungai Mekong yang terletak di Laos sampai kepulauan kecil Bangka Belitung.

Tubuhnya yang selebar 1 sampai 1,3 meter membuat para pemeliharanya wajib mempersiapkan banyak ruang, apalagi lagi beliau suka berenang bebas. Ikan toman ini berada di kisaran harga Rp85.000 sampai Rp100 juta tergantung ukuran dan warnanya.

3. Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock Bass - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Peacock bass atau yang lebih sering dikenal dengan nama ikan pbass merupakan predator asli dari Amazon! Ikan yang makannya cukup lahap dan rakus ini memiliki badan yang menarik dengan berbagai corak warna yang mencolok dan anggun. Gerakannya sigap banget utamanya saat mengkonsumsi mangsanya.

Ada aneka macam jenis ikan pbass seperti Monoculus, Orinoco, dan Kelberi. Jika kamu ingin memelihara yang masih kecil dengan ukuran 5 cm, umumnya harganya enggak lebih dari Rp100.000 dan untuk ukuran besar 30 cm, harganya mampu meraih Rp1 juta.

(Baca Juga: Cara Budidaya Ternak Ikan Hias Air Tawar di Aquarium)

4. Ikan Belida

Ikan Belida - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Saat ini ikan belida menjadi semakin langka dan bahkan hampir punah! Ikan ini adalah santapan favorit khas Kota Palembang untuk dijadikan pempek. Namun, jenis lain dari ikan belida juga menjadi salah satu ikan predator untuk peliharaan yang menghiasi akuarium di rumahmu. Seperti jenis belida royal, albino, dan bengkok.

Dibandingkan dengan ikan lain, belida sebenarnya sangat sederhana dengan warna keabuan dan motif bentol hitam. Namun, bentuknya yang unik alasannya menyerupai pisau serta tingkat kelangkaannya membuat para penghobi ikan hias memperebutkannya. Ikan ini bisa dibeli mulai dari harga Rp150.000,-

5. Ikan Golden Dorado

Ikan Golden Dorado - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Berhabitat orisinil di kawasan Amerika Selatan, Golden Dorado yakni salah satu ikan yang banyak dipelihara oleh para pengoleksi ikan, salah satunya pembawa acara terkenal Indonesia Irfan Hakim. Ikan predator untuk peliharaan ini sungguh sempurna untuk kamu jadikan tipe tengah tank.

Bentuknya seperti sekali dengan ikan salmon yang panjang dan lonjong membuat golden dorado juga dikenal sebagai ikan salmonnya air tawar. Seperti namanya, ikan ini mempunyai tubuh berwarna keemasan dengan jejeran titik hitam kecil yang membuatnya semakin eksotis! Golden dorado dijual dengan kisaran harga Rp1 juta.

6. Ikan Oscar

Ikan Oscar - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Masih termasuk keluarga Cichlidae, ikan pemangsa ini banyak didapatkan di Amerika Selatan, tepatnya di Sungai Amazon, Brazil. Meskipun enggak sepopuler ikan jenis lain, ikan oscar sangat mempesona warna yang bermacam-macam.

Oscar batik, misalnya, berwarna hitam dengan guratan oranye yang menyala. Ada juga ikan oscar lemon yang berwarna kuning menonjol dengan secuil warna putih dan hitam di ujung siripnya. Oscar albino, yang paling mahal dan elok, mempunyai warna putih dengan motif emas kemerahan yang menawan .

Ikan oscar cukup umur mampu kau peroleh dengan harga Rp70.000 sampai Rp160.000 tergantung jenis ikan oscar mana yang ingin kau taruh di akurium mu!

7. Ikan Malabar Wolffish

Ikan Malabar Wolffish - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Dari namanya, Wolf, ikan ini juga dijuluki serigala air dan dikenal kasar oleh masyarakat setempat. Pesonanya selaku ikan predator untuk peliharaan sudah diketahui oleh para pecinta ikan. Mayoritas ikan Malabar Wolffish tersebar di kawasan Amerika Latin mulai dari Venezuela di utara sampai Argentina di bab selatan.

Bentuknya memang beneran mirip sama serigala, lho! Mulutnya besar dengan deretan giginya yang tajam dan menonjol. Warnanya memang beragam, tapi yang sering ditemukan ialah malabar wolffish dengan warna debu-bubuk kecoklatan. Kamu bisa membelinya mulai dari harga Rp350.000.

(Baca Juga: Daftar Ikan Hias Termahal di Dunia dan Tips Merawatnya)

8. Ikan Datnoid

Ikan Datnoid - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Setelah bertemu dengan ikan serigala, mari kita menyapa ikan harimau. Ikan datnoid ini juga mempunyai nama lain yakni datz dan tigerfish. Tigerfish menjadi favorit para pecinta ikan predator untuk peliharaan alasannya adalah warnanya yang kuning keemasan ditambah dengan loreng hitam tiga hingga empat garis di tubuhnya dan dua garis di sirip ekor. Mirip banget sama macan, kan?

Ikan ini didapatkan di wilayah pertemuan air maritim dan air tawar daerah Thailand dan Indonesia. Ada banyak sekali jenis ikan tigerfish ini seperti datnoid Thailand Utara, Indonesia, dan Papua.

Ukurannya yang secara lazim berada dalam kisaran 30 hingga 45 cm menciptakan ikan ini menjadi primadona di kelompok penghobi ikan. Datnoid dapat kamu beli di harga Rp300.000 hingga Rp500.000.

9. Ikan Jack Dempsey

Ikan Jack Dempsey - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Merupakan spesies cichlid seperti ikan oscar, ikan jack dempsey banyak ditemukan di daerah Amerika utamanya bagian Honduras dan Meksiko.

Mereka memiliki karakteristik tampang yang kuat dengan sifatnya yang berangasan. Maka dari itu, namanya pun diambil dari seorang petinju profesional Amerika yang melegenda.

Jack dempsey memiliki tubuh oval dengan sirip panjang. Warna tubuhnyalah yang membuatpara pengoleksi ikan klepek-klepek! Memang ada banyak ragam warna, tapi yang paling beken yaitu merah muda, biru, dan emas. Harga ikan jack dempsey mampu mencapai lebih dari Rp500.000,-

10. Ikan Palmas

Ikan Palmas - 10 Ikan Predator untuk Peliharaan Garang Tapi Menawan

Kalau kau mengaku selaku penyuka ikan predator untuk peliharaan, niscaya sudah enggak asing dengan ikan yang satu ini.

Ikan yang tergolong dalam salah satu ikan primitif ini berhabitat orisinil di Afrika bagian Sungai Nil. Bentuknya yang seperti naga dengan sirip di punggung sangatlah unik dan menjadi favorit pecinta ikan pemangsa.

Beberapa jenis ikan palmas yang sering dijual di Indonesia ialah palmas endlicheri, ansorgii, senegalus, orna, dan teugelsi. Tergantung jenisnya, harga ikan palmas di Indonesia dibanderol dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Kesangaran dan agresifitas ikan predator untuk peliharaan selalu menarik mata pecinta binatang air. Nah, kamu juga mampu memiliki aneka ikan peliharaan maupun keperluan kegemaran lainnya dengan gampang memakai dana santunan KTA cicilan ringan.

Kini, berbagai produk KTA mampu kamu cek dan pilih dulu sesuai kebutuhan sebelum mengajukannya. Bandingkan dan ajukan melalui cara gampang di CekAja.com kini juga!