0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Abad, Mana Favoritmu?

Kualitas produksi film perang semenjak dulu hingga kini selalu meningkat. Dari sekian banyak film, beberapa di antaranya dibilang pantas masuk ke dalam nasehat wajib nonton oleh penonton. Ini beliau sepuluh film perang terbaik sepanjang kala yang direkomendasikan untukmu!

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

1. Black Hawk Down (2001)

Film perang terbaik sepanjang periode yang pertama yakni Black Hawk Down karya sutradara Ridley Scott. Ceritanya diangkat dari cerita aktual dari kejadian operasi militer Amerika Serikat di Somalia. Para prajurit bertugas menyergap kepala pemberontakan.

Sebelumnya, kisah ini ditulis ke dalam suatu buku karya seorang reporter. Kemudian, Ridley mengangkatnya menjadi sebuah film dengan tampilan set lokasi yang kasatmata serta adegan demi adegan yang sangat seru.

Black Hawk Down menjangkau dua penghargaan di ajang The Oscars untuk klasifikasi Best film Editing dan Best Sound Mixing.

2. Pearl Harbour (2001)

Tidak lengkap rasanya kalau membahas saran film perang tanpa menyebutkan Pearl Harbour. Film ini terinspirasi dari kisah faktual bencana bom di pangkalan militer Amerika Serikat, yaitu Pearl Harbour di Honolulu, Hawaii.

Pengeboman yang dikerjakan pihak Jepang pada sekutu itu lalu hasilnya dibalas dengan pengeboman berskala besar di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

Diceritakan abjad berjulukan Rafe dan Danny yang diperankan oleh pemeran Ben Affleck dan Josh Hartnett hidup sebagai dua sobat yang ikut berperang dalam insiden Perang Dunia II ini. Di segi lain, Rafe juga terlibat dalam kisah percintaan yang rumit dengan pasangannya akibat perang tersebut.

3. Hiroshima Mon Amour (1959)

Kisah percintaan dua insan dikala Perang Dunia II juga disuguhkan dalam film jadul besutan sutradara Alain Resnais. Seorang aktris Perancis jatuh cinta pada seorang Arsitek asal Jepang. Romantisme keduanya berubah ketika terjadi Perang Dunia II dan pengeboman Hiroshima.

Walau lebih menekankan pada kisah percintaan dua manusia, film ini tetap masuk dalam film perang terbaik sepanjang periode. Sebab dongeng yang epic dengan latar peperangan membuatmu terhanyut dalam kesedihan tragisnya cerita cinta peran utama.

(Baca Juga: 5 Film Animasi dengan Produksi Termahal)

4. 1917 (2019)

Jika kau ingin nonton film perang berlatar insiden Perang Dunia I, film ini bisa menjadi pilihan. Sutradara Sam Mendes (sebelumnya menyutradarai film James Bond: SKYFALL) mengemas kisah usaha tentara Inggris dengan shoot terbaik.

Tak heran bila 1917 menjangkau tiga penghargaan di The Oscars, yaitu untuk kategori Best Cinematography, Best Visual Effects, dan Best Sound Mixing.

Film yang rilis tahun 2019 itu dibintangi oleh pemain drama George Mackey, Dean-Charles Chapman, Richard Madden, Benedict Cumberbatch, dan masih banyak lagi yang lain.

5. The Bridge on the River Kwai (1957)

Satu lagi film perang terbaik sepanjang kala yang wajib kau tonton. Kualitas The Bridge on the River Kwai yang rilis tahun 1957 terbukti lewat tujuh penghargaan The Oscars pada masanya. Wow!

Film ini bercerita tentang proyek pembangunan jembatan untuk jalur kereta api yang dilakukan oleh Kolonel Nicholson (diperankan oleh Alec Guinness) di periode Perang Dunia II. Proyek ini kemudian berubah menjadi obsesi Nicholson yang mengakibatkan pertentangan menawan.

6. The Hurt Locker (2008)

Bosan dengan film perang berlatar Perang Dunia I maupun II? Kamu bisa memilih nonton film tentang peristiwa Perang Irak yang satu ini.

Diceritakan seorang Sersan bernama William James ditugaskan melatih tim penjinak bom selama kurun Perang Irak. William rupanya terganggu dalam pengerjaan tugas ini balasan ideologinya sendiri. Gejolak tersebut menimbulkan konflik dengan tim dan bawahannya.

The Hurt Locker menjadi film perang karya sutradara perempuan pertama yang mendapat penghargaan The Oscars kategori Best Director.

7. The Thin Red Line (1998)

Hampir sama mirip film perang terbaik sepanjang masa yang lain, The Thin Red Line mengangkat insiden Perang Dunia II. Bedanya, sutradara Terrence Malick mengambil set daerah di pulau kecil di Samudera Pasifik, ialah Guadalcanal.

Sekelompok prajurit menghadapi peperangan sengit, hingga mengerahkan segala cara untuk bertahan. Ketika peluang menang atas perang makin menipis, mereka berharap sambil tetap berperang semampunya.

Film yang dirilis tahun 1998 ini menampilkan aktor Jim Caviezel, Sean Penn, Nick Nolte, dan ada pula aktor George Clooney sebagai tugas penunjang.

8. Patton (1970)

Film ini adalah biografi Jenderal George Smith Patton yang ialah pemimpin pasukan AS dalam Perang Dunia II di daratan Mediterania.

Menceritakan ihwal perjalanan karir kemiliteran Jenderal Patton, mulai dari acara militer, prestasi, sampai pemindahan peran sehabis Jenderal Patton mengkritik strategi militer AS pasca-perang. Beberapa bab dari film ini juga dinilai sebagian kelompok sebagai hal yang kontroversial.

Namun begitu, Patton layak disebut film perang terbaik karena sukses mendapatkan tujuh penghargaan The Oscars.

(Baca Juga: Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020)

9. Platoon (1986)

Film perang yang mengangkat dongeng Perang Vietnam juga menawan untuk ditonton. Skenario Platoon ditulis oleh Oliver Stone berdasar pengalamannya sendiri di Vietnam. Sebagian adegan di film ini terbilang sadis dan blak-blakan. Jadi, kau harus bijak dikala menonton film ini, ya.

Soal kualitas, tak usah diragukan lagi. Platoon meraih penghargaan The Oscars kategori Best Pictures, Best Sound Mixing, Best Director, dan Best Film Editing.

10. Schindler’s List (1993)

Diangkat dari dongeng nyata, Schindler’s List akan membawamu pada kisah yang menjamah dan penuh perjuangan. Film perang ini mengambil sudut pandang bisnis, dimana seorang pengusaha Jerman berusaha menyelamatkan ribuan orang Yahudi saat kala Perang Dunia II. Ribuan orang itu lalu dipekerjakan di pabriknya.

Film yang disutradarai Steven Spielberg ini menjangkau tujuh penghargaan The Oscars, tujuh penghargaan British Academy of Film and Television Arts, dan tiga penghargaan Golden Globes. Serta masuk ke daftar 100 film Amerika terbaik sepanjang abad oleh American Film Institute.

Nonton film perang terbaik bisa kau lakukan dengan berlangganan situs streaming film. Tanpa ribet, sekarang kamu bisa mengeluarkan uang tagihan situs streaming dengan kartu kredit.

Yuk, bandingkan dan ejekan kartu kredit mudah melalui CekAja.com.