0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Faedah Buah Jambu Biji Penting Bantu Jaga Stamina Dan Kesehatan Badan

Rasanya tidak mungkin, jika penduduk Indonesia tidak mengetahui manfaat buah jambu biji. Pasalnya, buah yang memiliki cita rasa lezat ini acap kali dipakai selaku obat untuk penyakit demam berdarah (DBD), sebab dinilai mampu menaikkan trombosit.

10 Manfaat Buah Jambu Biji Ini Bantu Jaga Stamina dan Kesehatan Tubuh

Namun nyatanya, faedah buah jambu biji tidak cuma itu saja. Masih banyak faedah buah jambu biji yang lain, yang mampu kamu nikmati untuk mempertahankan kesehatan badan. Lantas, apa saja faedah buah jambu biji tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Kandungan Buah Jambu Biji

Sebelum membahas lebih jauh wacana faedah buah jambu biji, ada baiknya kau mengenali terlebih dahulu kandungan dari buah jambu biji itu sendiri.

Sejatinya, buah jambu biji merupakan buah yang diketahui memiliki kandungan vitamin C yang lebih kaya dari buah jeruk. Sehingga, mampu memajukan imunitas tubuh. Selain itu, buah jambu biji juga mempunyai sederet kandungan nutrisi yang lain, mirip:

Vitamin

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B3 (Niasin)
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Piridoksin
  • Asam pantotenat
  • Vitamin B1 (Thiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)

Mineral

  • Besi
  • Tembaga
  • Kalsium
  • Mangan
  • Magnesium
  • Seng
  • Fosfor
  • Selenium

Phytonutrient

  • Likopen
  • Carotene-ß
  • Crypto-xanthin-ß

Kandungan Lainnya

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kolesterol
  • Serat makanan
  • Lemak total

(Baca Juga: 8 Buah Tinggi Antioksidan)

Cara Mengkonsumsi Buah Jambu Biji

Untuk bisa mendapatkan semua nutrisi buah jambu biji, sesungguhnya akan lebih baik kalau kamu mengkonsumsinya begitu saja, tanpa diolah menjadi bentuk apapun.

Namun, apabila kamu ingin mendapatkan sensasi yang lebih yummy dan menyegarkan, kau mampu mengolahnya menjadi beberapa bentuk dan jenis minuman atau masakan.

Jika kamu ingin menikmati buah jambu biji dalam bentuk minuman, kamu mampu mengolahnya dalam bentuk jus yang menyegarkan atau minuman memiliki kegunaan.

Hanya saja, untuk minuman berkhasiat sendiri, umumnya materi yang diolah yaitu daun jambu biji, bukan buah jambu biji.

Sedangkan, jika kau ingin mengolah jambu biji menjadi sebuah jus, kau memerlukan beberapa bahan terlebih dahulu, seperti:

Bahan:

  • 1 buah jambu biji
  • Gula pasir/madu secukupnya
  • 1 sachet susu kental manis
  • Air putih seperlunya
  • Es kerikil seperlunya

Cara Pembuatan:

  • Siapkan semua bahan yang diharapkan
  • Bersihkan jambu biji dan potong dadu
  • Setelah itu, masukkan jambu biji yang sudah dipotong dadu, gula pasir/madu secukupnya, air putih dan es watu ke dalam blender
  • Kemudian blender semua materi tersebut sampai halus dan mendapatkan tekstur yang dikehendaki
  • Jika sudah, tuangkan jus jambu ke dalam gelas higienis
  • Tambahkan susu kental elok sesuai selera
  • Jus jambu siap dicicipi.

Nah, selain dalam bentuk minuman, kau juga mampu mengolah buah jambu biji ke dalam bentuk makanan, seperti misalnya puding jambu biji.

Tidak hanya sehat, enak, dan menyegarkan, puding jambu biji juga membuat kenyang. Sehingga, sangat cocok dijadikan sebagai kudapan sehat atau makanan epilog.

10 Manfaat Buah Jambu Biji

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui kandungan yang dimiliki buah jambu biji dan cara mengkonsumsinya, kini saatnya untuk kamu mengetahui manfaat buah jambu biji itu sendiri. Karena mirip yang diketahui, jambu biji mempunyai segudang faedah yang dapat dicicipi.

Oleh sebab itu, untuk mengenali lebih jelas apa saja manfaat buah jambu biji, di bawah ini CekAja.com sudah merangkum 10 faedah buah jambu biji, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu.

1. Mencegah Risiko Kanker

Mencegah risiko kanker

Manfaat buah jambu biji yang pertama yakni bisa menangkal risiko kanker. Sebab, jambu biji memiliki kandungan antioksidan bernama Lycopene atau Likopen yang dapat menurunkan risiko kanker, baik kanker prostat maupun kanker payudara.

Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan antioksidan jenis flavonoid dan fitonutrien, yang berguna untuk menangkal badan dari serangan penyakit kanker secara efektif.

Terlebih, vitamin C yang terkandung dalam buah jambu dinilai bisa menetralkan senyawa radikal bebas.

Karena mirip yang diketahui, radikal bebas ialah sebuah senyawa yang dapat menjadikan timbulnya penyakit kanker, apabila menumpuk di dalam badan manusia.

2. Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat buah jambu biji yang selanjutnya ialah menolong melancarkan saluran pencernaan. Hal ini terlihat dari banyaknya serat yang terkandung dalam jambu biji, bisa mencegah dan mengatasi sembelit.

Selain itu, serat ini juga memastikan bahwa bakteri baik yang terdapat di dalam saluran pencernaan, mampu melakukan pekerjaan secara maksimal.

Sehingga, orang yang menyantap buah jambu biji lazimnya tidak akan mengalami gangguan pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata nyatanya menjadi salah satu faedah buah jambu biji. Bagaimana tidak, pasalnya kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah jambu biji dikenal bisa mengobati infeksi yang terjadi pada mata.

Lebih dari itu, vitamin A dan C yang terkandung dalam buah jambu biji juga mampu menciptakan pandangan matamu lebih tajam dari umumnya.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari risiko degenerasi makula dan katarak, apabila mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin semenjak dini.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu biji, ternyata tidak hanya bisa mempertajam penglihatanmu saja, loh! Tetapi, kandungan vitamin C ini juga mampu memajukan imunitas atau kekebalan badan.

Oleh karena itu, manfaat buah jambu biji yang satu ini dapat melindungi kau dari banyak sekali jenis serangan virus, kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Menariknya, kandungan vitamin C pada buah jambu ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat buah jambu biji yang kelima, ialah bisa mencegah serta mengobati diabetes. Di mana, kandungan serat pektin yang terdapat dalam buah jambu biji dinilai bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah. Sehingga, dapat mencegah dan mengobati diabetes.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian juga telah menawarkan bahwa mengkonsumsi kuliner yang memiliki serat tinggi, mampu menangkal risiko timbulnya diabetes tipe-2.

6. Mengurangi Rambut Rontok

Buat kamu yang memiliki persoalan rambut rontok, rasanya perlu mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jambu biji, dianggap mampu mengembangkan perkembangan rambut dan menjaganya biar lebih sehat.

Maka dari itu, untuk bisa merasakan faedah buah jambu biji yang satu ini, kau perlu lebih banyak memakan buah jambu biji dibandingkan orang-orang yang lain.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat ketujuh yang mampu kau dapatkan dari memakan buah jambu biji yaitu kesehatan kulit kian terjaga. Hal itu disebabkan oleh kandungan vitamin A, yang terdapat pada buah jambu biji bisa meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, adanya antioksidan pada jambu biji juga membantu membuat kulit tampaklebih segar dan cerah. Terlebih, antioksidan tersebut pun mampu menekan risiko penuaan dini dan menetralisir radikal bebas dalam badan.

8. Mengurangi Risiko Demam Berdarah

Manfaat buah jambu biji yang satu ini, rasanya sudah sangat dikenal oleh seluruh penduduk Indonesia.

Pasalnya, buah ini acap kali dijadikan sebagai asupan minuman berguna, untuk memaksimalkan trombosit pada orang-orang yang terkena penyakit demam berdarah (DBD).

Kemudian, kandungan flavonoid, vitamin C serta tanin yang terdapat dalam jambu biji juga dinilai bisa menghambat penyebaran virus dalam tubuh dan memajukan imunitas, sehingga pasien demam berdarah pun menjadi cepat pulih.

9. Mengurangi Rasa Nyeri dikala Haid

Mengurangi Rasa Nyeri saat Haid

Manfaat buah jambu biji yang kesembilan yakni mampu meminimalisir rasa nyeri saat haid. Kondisi mirip ini rasanya sudah sangat dipahami oleh seluruh perempuan, alasannya adalah setiap bulannya mesti mencicipi sakit pada perut yang disebabkan oleh haid.

Terlihat dari banyaknya wanita yang jatuh sakit, bahkan pingsan ketika hari pertama haid. Maka dari itu, salah satu solusi yang mampu kamu lakukan untuk menangani hal tersebut, yakni dengan menyantap buah jambu biji.

Sebab, jambu biji dinilai bisa menurunkan rasa sakit yang disebabkan oleh haid atau menstruasi yang melampaui obat anti nyeri.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terakhir, buah jambu biji juga mempunyai manfaat yang dapat mengembangkan kesehatan jantung. Caranya, yaitu dengan melindungi jantung dari radikal bebas serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Di mana, kadar kolesterol jahat tersebut dapat turun hingga 9,9 persen dan kolesterol baik naik hingga 8 persen, bila buah jambu biji dimakan secara berkala .

Selain itu, kandungan serat dan kalium yang tinggi juga bisa mengembangkan kesehatan jantung.

(Baca Juga: Cara Membuat Jus Organik untuk Penderita Kanker)

Dengan begitu, kau mampu terhindar dari banyak sekali jenis risiko penyakit jantung. Karena mirip yang diketahui, penyakit jantung sangat membahayakan tubuh.

Apabila kamu sudah memiliki riwayat penyakit jantung, tentu kamu mesti lebih waspada dan mempertahankan kesehatan badan dengan lebih ekstra.

Sebab, bila sewaktu-waktu penyakit jantungmu kambuh, maka kamu harus menjalani pengobatan kembali dan mengeluarkan ongkos yang sangat besar.

Sungguh menciptakan pusing bukan? Di samping menimbang-nimbang kesehatan, kau juga harus menimbang-nimbang ongkos pengobatan yang tidak sedikit.

Maka dari itu, untuk menangani hal tersebut kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan, yang akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit. Dengan begitu, kau tidak perlu lagi pusing-pusing menimbang-nimbang besarnya ongkos pengobatan.

Kamu mampu memilih dan mengajukan asuransi kesehatan andalanmu di CekAja.com. Di sana, tersedia banyak pilihan asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang mampu kau pilih sesuai kebutuhan.

Selain itu, dengan mengajukan asuransi kesehatan di CekAja.com, kamu juga akan mendapatkan pelayanan yang cepat, gampang dan kondusif, alasannya adalah telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kaprikornus, buat kamu yang belum mempunyai asuransi kesehatan tunggu terlebih? Yuk, ejekan sekarang!