0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

10 Ciri & tips Cek Iphone Asli Penting Wajib Dimengerti Pembeli

Mengetahui ciri dan cara cek iPhone asli rasanya sekarang menjadi hal penting, utamanya untuk para Android user yang ingin pindah menjadi iPhone user. Hal tersebut dikarenakan, ketika ini berbagai oknum tidak bertanggung jawab yang memasarkan ponsel iPhone artifisial.

Menariknya, iPhone palsu tersebut memiliki bentuk yang sama jikalau dilihat sekilas dari tampilannya. Kalau begitu, apakah iPhone yang mempunyai bentuk serupa tersebut telah niscaya iPhone asli? Lalu, bagaimana cara cek iPhone orisinil dan palsu?

Cara Cek iPhone Asli

Sebenarnya, jika mengatakan ihwal cara cek iPhone asli itu sangat gampang dan ada banyak cara yang bisa dijalankan. Salah satu cara gampangnya yakni dengan mengeceknya melalui IMEI.

Ya, IMEI atau International Mobile Equipment Identity ialah nomor identitas khusus, yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen handphone.

Untuk iPhone sendiri, dia cuma memiliki satu nomor IMEI, alasannya adalah iPhone hanya memperlihatkan satu slot kartu SIM saja. Berbeda dengan ponsel yang lain, yang mendukung slot kartu SIM ganda, sehingga nomor IMEI yang dimiliki ponsel tersebut pun ada dua.

Dengan IMEI tersebut, kamu mampu mengetahui bahwa ponsel yang kamu miliki dan gunakan saat ini orisinil atau tidak. Pengecekan keaslian ponsel dengan IMEI pun, juga berlaku untuk iPhone. Kamu mampu eksklusif mengevaluasi nomor IMEI ponsel di situs imei.kemenperin.go.id.

(Baca Juga: Cara Cek IMEI HP Android dan iOS)

Tetapi, untuk bisa melakukan pengecekan nomor IMEI, kau pasti harus mengetahui terlebih dahulu nomor IMEI itu sendiri yang terletak di beberapa kawasan.

Di iPhone sendiri, nomor IMEI bisa kau dapatkan di pengaturan, perangkat fisik mirip kartu SIM, Finder atau iTunes dan di bungkus atau box aslinya.

Selain melalui IMEI, sebenarnya masih ada banyak cara cek iPhone asli yang bisa kau kerjakan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika kau mampu memperhatikannya dari bentuk serta penampilan layar iPhone.

Nah, untuk mengenali lebih jelas tentang cara cek iPhone orisinil, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap untuk setiap poinnya khusus untuk kau. Simak gotong royong, yuk!

1. Tidak Memiliki Slot untuk Memori Eksternal

Cara cek iPhone asli yang mampu kamu kerjakan pertama yaitu memutuskan, bahwa iPhone milikmu tidak mempunyai slot untuk memori eksternal. Pasalnya, iPhone tidak pernah memberikan slot untuk memori eksternal di setiap seri-nya.

Maka dari itu, hingga dikala ini iPhone senantiasa meluncurkan seri-seri terbarunya dengan menunjukkan memori internal yang sangat besar, ialah mencapai 256GB. Kapasitas memori internal tersebut, menjadi kapasitas penyimpanan paling besar untuk suatu ponsel pintar.

Berbeda dengan ponsel pintar Android, yang selalu menawarkan slot untuk memori eksternal. Dengan begitu, dapat ditarik kesimpulan bahwa kalau kau mendapatkan iPhone yang memiliki slot untuk memori eksternal, maka iPhone tersebut merupakan iPhone artifisial.

2. Penggunaan Retina Display untuk Layar

Selain melalui slot memori eksternal, cara cek iPhone asli yang mampu kau lakukan selanjutnya yakni dengan mengamati layar iPhone tersebut. Sebab, layar iPhone yang asli biasanya menggunakan retina display.

Yang mana, retina display ini ialah bagian atau ciri khas dari iPhone, dan menjadi teknologi terkini yang dipakai iPhone untuk performa layarnya. Retina display sendiri sudah digunakan sejak peluncuran iPhone seri 4.

Dan sejak dikala itu, penggunaan retina display untuk performa layar iPhone pun digunakan terus menerus. Hal tersebut dikarenakan, performa yang diberikan retina display ini sungguh halus, jernih dan menciptakan iPhone mempunyai layar dengan resolusi tinggi.

Oleh karena itu, bila kamu menemukan iPhone dengan tampilan layar yang kurang jernih, atau terlihat pixel-nya secara sekilas, maka sudah mampu dipastikan bahwa itu ialah iPhone palsu, sebab mempunyai resolusi layar yang rendah.

3. Dapat Dideteksi iTunes

Cara cek iPhone orisinil yang ketiga yaitu dengan mendeteksinya memakai iTunes. Kamu bisa pribadi menghubungkan iPhone milikmu, ke komputer yang telah terpasang iTunes. Apabila, iTunes mampu mendeteksi ponselmu, maka iPhone-mu adalah iPhone asli.

Namun sebaliknya, jika ponsel tidak mampu terhubung dengan iTunes di komputer, maka kemungkinan besar ponselmu adalah iPhone artifisial.

Karena seperti yang dikenali, iTunes merupakan salah satu fitur dalam bentuk aplikasi, yang berguna untuk memasukkan beberapa data mirip lagu, video, maupun file yang lain ke dalam iPhone.

4. Cek Garansi yang Diberikan

Mengecek garansi yang diberikan pada dikala pembelian iPhone pun, menjadi salah satu cara cek iPhone orisinil yang bisa kamu lakukan.

Apabila iPhone yang akan kau beli ialah iPhone asli dan kamu membelinya di official store Apple, maka garansi yang diberikan ialah garansi resmi. Kamu pun bisa memastikannya dengan memeriksa melalui situs resmi Apple.

Tetapi kalau kau membelinya di counter ponsel lazimatau daerah yang belum terjamin keresmiannya, maka ada kemungkinan bila ponsel yang kau beli nantinya ialah iPhone imitasi.

Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan semacam itu, kamu mampu memastikannya apalagi dahulu ke penjualnya, bahwa garansi yang diberikan ialah garansi resmi Apple dan melakukan pengecekan di situs resmi Apple.

5. Harga yang Ditawarkan

Salah satu cara cek iPhone orisinil atau palsu yang paling gampang adalah lewat harga yang disediakan. Tentu saja, harga mencerminkan mutu barang. Sejauh ini, Apple tidak pernah mengeluarkan iPhone untuk semua serinya, dengan harga yang sangat murah.

Justru sebaliknya, Apple senantiasa membanderol harga untuk setiap seri iPhone dengan harga yang sangat tidak murah, yaitu sekitar Rp10 juta–Rp20 juta sekian di Authorized Reseller Apple.

Dengan demikian, kalau kamu mendapatkan iPhone yang dijual dengan harga yang sangat minim, yaitu sekitar Rp3 juta–Rp5 juta, maka mampu dipastikan itu yakni iPhone imitasi.

Kecuali, iPhone yang dijual tersebut yaitu iPhone seri lama yang sudah tidak dibuat , mampu saja iPhone tersebut yaitu iPhone orisinil.

Namun tetap saja, kau mesti mengamati keseluruhan penampilan serta aplikasi yang tersedia, untuk memutuskan bahwa iPhone tersebut ialah iPhone orisinil.

6. Cara Melakukan Screenshot

Cara yang keenam ialah dengan menjajal melakukan screenshot. Cara cek iPhone orisinil yang satu ini sangat gampang dilaksanakan, karena kamu cuma perlu memencet tombol power atau lock, dengan tombol home secara serempak.

Apabila dengan memencet kedua tombol tersebut, kamu berhasil melaksanakan screenshot, maka ponselmu terbukti iPhone asli. Tetapi, apabila kau gagal melakukannya, maka tidak menutup kemungkinan bahwa iPhone kamu yaitu iPhone artifisial.

Meski cara screenshot ini bisa dijalankan di beberapa merek ponsel, tetapi ini menjadi salah satu cara efektif untuk mengenali apakah iPhone-mu orisinil atau tidak.

7. iPhone Asli Memiliki Aplikasi App Store

Jika ponsel Android memiliki aplikasi Play Store, maka iPhone memiliki App Store. Sebagai salah satu aplikasi bawaan yang diciptakan khusus produk Apple, App Store menjadi toko aplikasi yang mampu dipakai oleh para penggunanya, untuk menemukan dan mengunduh aplikasi baru yang diperlukan dan diinginkan.

Oleh alasannya itu, App Store juga menjadi salah satu indikator yang dipakai selaku cara cek iPhone orisinil. Karena jika sebuah iPhone tidak mempunyai App Store atau App Storenya tidak mampu dibuka, maka tidak menutup kemungkinan jika iPhone tersebut yakni iPhone imitasi.

8. Mengetahui Tahun Rilis iPhone

Menjadi satu hal yang menarik, sebab nyatanya mengetahui tanggal rilis iPhone yang akan kamu beli sangat penting. Karena, Apple lazimnya akan memberhentikan buatan iPhone atau discontinue, sehabis rilis optimal dua tahun.

Dengan begitu, mampu ditarik kesimpulan bahwa jika kau berbelanja iPhone baru, yang diproduksi sehabis dua tahun perilisannya, maka mampu ditentukan bahwa iPhone yang kau beli tersebut ialah iPhone artifisial.

Seperti teladan, kau ingin berbelanja iPhone 5S. Seperti yang diketahui, iPhone ini rilis pada September 2013 dan sudah discontinue pada Maret 2016.

Apabila kamu membeli atau menemukan iPhone 5S baru pada 2018, maka iPhone 5 tersebut kemungkinan besar yaitu iPhone artifisial, sehingga kamu benar-benar harus melaksanakan pengecekan untuk memastikannya.

9. iPhone Asli Hanya Memiliki Satu Slot SIM Card

Hingga ketika ini, iPhone hanya mempunyai satu slot SIM card. Yang mana, slot SIM card ini bisa kau jadikan pola untuk membedakan mana iPhone yang orisinil dan palsu.

Walaupun, dikala ini iPhone X, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 1, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max telah dilengkapi dengan fitur dual SIM card, namun tetap saja slot yang diberikan untuk SIM card fisik cuma satu.

Hal tersebut dikarenakan, SIM card yang satu lagi ditawarkan dalam bentuk eSIM atau SIM digital, yang sudah pasti tidak membutuhkan slot untuk meletakkan SIM fisik.

Maka dari itu, jikalau kamu memperoleh pedagang yang memberikan iPhone dual SIM, sudah ditentukan bahwa iPhone yang ditawarkan tersebut yaitu iPhone palsu.

10. Lihat Tombol Fisik iPhone

Cara cek iPhone orisinil yang terakhir adalah dengan melihat tombol fisiknya. Mudahnya, kamu bisa menyaksikan dari tombol power atau lock, tombol volume dan tombol home. iPhone yang orisinil akan memiliki tombol-tombol yang kuat dan rekat.

Sementara, iPhone yang imitasi lazimnya mempunyai tombol-tombol yang sedikit longgar, dan penempatan posisinya kurang pas.

Jika kamu mendapatkan atau bahkan memiliki iPhone dengan kondisi fisik seperti itu, maka mampu dipastikan jikalau iPhone tersebut kemungkinan besar yaitu iPhone palsu.

Kerugian Memiliki iPhone Palsu

Jika berbicara perihal kerugian, mungkin sudah tidak butuhditanyakan lagi. Karena, semua ponsel palsu termasuk iPhone, telah pasti merugikan. Ada beberapa hal dari iPhone artifisial yang mampu membuat rugi para penggunanya, seperti:

  • Kualitas kamera yang kurang elok
  • Resolusi layar yang rendah
  • Kinerja ponsel sangat lemah
  • Sangat rentan terkena malware
  • Firmware yang dimiliki ponsel tidak terang
  • Tidak menerima garansi resmi Apple
  • Spesifikasi yang dimiliki iPhone orisinil jauh dari aslinya
  • Kualitas ponsel sungguh jelek
  • Dan lain sebagainya.

Semua kerugian tersebut umumnya akan dimiliki oleh semua merek ponsel imitasi, termasuk iPhone. Di permulaan pemakaian, semua kerugian di atas mungkin belum terasa, tetapi sehabis sementara waktu pemakaian, kamu mungkin baru merasakan dampaknya, yang dapat mengusik aktivitas yang dijalankan lewat ponsel.

Oleh alasannya adalah itu, untuk menghalangi terjadinya kerugian semacam itu, kau perlu memastikan apalagi dulu bahwa ponsel yang hendak kamu beli ialah ponsel orisinil, dengan melaksanakan beberapa cara cek iPhone orisinil yang sudah diulas dipembahasan sebelumnya.

(Baca Juga: Ciri Charger iPhone Original)

Meskipun harga yang ditawarkan untuk satu unit iPhone orisinil sangat tidak murah, namun kamu tidak akan mendapatkan kerugian-kerugian seperti yang disebutkan di atas. Agar pembelian iPhone terasa lebih ringan, kamu mampu menggunakan kartu kredit sebagai solusinya.

Sebab, kartu kredit akan mempermudah proses pembelanjaan serta transaksi apapun yang kamu kerjakan, tergolong pembelian barang elektronik.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan kartu kredit pun, lazimnya kamu akan menerima promo-promo belanja menawan, mirip potongan harga, cashback, rewards point maupun cicilan 0 persen.

Dengan adanya promo tersebut, tentu membuat kegiatan belanja menjadi lebih ekonomis dan mengasyikkan. Terlebih, kau juga bisa mengeluarkan uang tagihannya dengan cara dicicil. Sehingga, kau tidak akan terbebani dengan besarnya biaya pembelian barang.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, tetapi ingin menerima semua akomodasi dan laba transaksi, kamu bisa eksklusif mengajukan kartu kredit terbaik melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja yang mampu kamu pilih, sesuai dengan keperluan dan kesanggupan finansial.

Selain itu, proses pengajuannya pun sangat gampang, cepat dan kondusif karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu terlebih? Yuk olok-olokan kartu kredit terbaikmu kini dan peroleh segudang akomodasi serta manfaatnya!